%0 Thesis %9 Skripsi %A Supatmi, NIM.: 13480007 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2020 %F digilib:45823 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K pembelajaran Al-Qur’an; membaca Al-Qur’an; tadarus Al-Qur’an %P 142 %T IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA SISWA SD IT SAMAWI TAJEMAN PALBAPANG BANTUL TA. 2019/2020 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45823/ %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui penerapan pembelajaran menggunakan metode An-Nahdliyah (2) mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam melakukan pembelajaran pada siswa di SD IT Samawi Tajeman Palbapang Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah sebagian dari guru, karyawan dan siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Adapun teknik menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan simpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian antara lain: (1) Proses pembelajaran Al-Qur’an metode AN-Nahdliyah menggunakan 7 tahapan pembelajaran pada umumnya yaitu pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan, evaluasi dan penutup. Pada dasarnya pembelajaran menggunakan metode An-Nahdliyah lebih efektif, mudah dipahami, bagus, dan menarik. terbukti bahwa siswa semakin lancar dan perkembangannya dalam mengaji sangat bagus dan berjalan sesuai yang diharapkan. (2) Faktor pendukung metode An-Nahdliyah di SD IT Samawi Tajeman Palbapang Bantul: guru Al-Qur’an, diklat guru, sarana prasarana dan dukungan orang tua. Faktor penghambat metode An-Nahdliyah di SD IT Samawi Tajeman Palbapang Bantul: pendidikan guru, penguasaan materi, disiplin waktu serta kurang lengkapnya sarana dan prasarana. %Z Pembimbing: Drs. Nur Hidayat, M. Ag.