%0 Thesis %9 Skripsi %A Nur Istianti, NIM.: 13480031 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2020 %F digilib:45824 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Komputer; multimedia; belajar online; literasi digital %P 210 %T STRATEGI MENUMBUHKAN LITERASI DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN IPAD PROGRAM DI SD TUMBUH 3 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45824/ %X Salah satu sekolah yang memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran yaitu SD Tumbuh 3 Yogyakarta. Media yang digunakan di SD Tumbuh 3 Yogyakarta adalah iPad. iPad digunakan oleh peserta didik dalam pelaksanaan program pendukung belajar yakni dalam pembelajaran literasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan iPad Program sebagai strategi menumbuhkan literasi digital di SD Tumbuh 3 Yogyakarta, (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pentingnya iPad Program untuk menumbuhkan literasi digital di SD Tumbuh 3 Yogyakarta, (3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat iPad Program dalam strategi menumbuhkan literasi digital di SD Tumbuh 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan di SD Tumbuh 3 Yogyakarta yang berada di nDalem Mangkubumen KT III/264, Kelurahan Kadipaten, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, Guru kelas 4 (Upper A), Koordinator iPad program, Peserta didik kelas 4 (Upper A). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan sumber. Alur pelaksanaan iPad program di SD Tumbuh 3 Yogyakarta meliputi: (1) Sekolah meninjau teknologi, media, dan materi yang akan dipakai dalam pembelajaran,(2) Menyiapkan teknologi, media, dan materi,(3) Menyiapkan lingkungan belajar,(4) Menyiapkan peserta didik, dan (5) Menyediakan pengalaman belajar. Kemudian pentingnya iPad program dalam menumbuhkan literasi digital antara lain: (1) iPad program sebagai sarana pendukung pembelajaran berbasis teknologi informasi, (2) iPad program sebagai sarana mencari informasi, (3) iPad program sebagai sarana mengembangkan konsep, dan (4) iPad program sebagai perangkat kreativitas. Faktor pendukung iPad program sebagai strategi menumbuhkan literasi digital di SD Tumbuh 3 Yogyakarta meliputi: (1) Infrastruktur, (2) Sumber daya manusia, (3) Kebijakan, (4) Finansial, serta (5) Konten dan aplikasi. Selanjutnya faktor penghambat dalam pelaksanaan iPad program di SD Tumbuh 3 Yogyakarta meliputi: (1) Keterbatasan jumlah iPad, (2) Penyediaan iPad belum merata. %Z Pembimbing: Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I.