TY - THES N1 - Pembimbing : Laili Nailul Muna, M.Sc. ID - digilib45843 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45843/ A1 - Rihadina Rahma Putri, NIM.: 17106070036 Y1 - 2021/04/22/ N2 - Pelaksanaan pembelajaran kimia secara mandiri di masa pandemi covid- 19 memerlukan inovasi untuk memastikan pembelajaran tetap berjalan sesuai kurikulum yang telah disusun oleh pemerintah. Materi laju reaksi kimia pada penentuan konstanta dan orde suatu reaksi ditentukan melalui suatu percobaan dengan memperhatikan aspek lingkungan. Maka untuk memenuhi hal tersebut, penelitian yang dilakukan bertujuan untuk melakukan pembuktian secara eksperimen konsep percobaan laju reaksi kimia dengan memanfaatkan rambut dan NaOCl, melakukan uji validasi tatalaksana percobaan laju reaksi kimia, melakukan analisis percobaan laju reaksi kimia untuk pembelajaran mandiri di masa pandemi, dan analisis kesesuaian percobaan laju reaksi kimia terhadap konsep pendidikan lingkungan hidup. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif dengan metode percobaan sederhana kelarutan rambut dalam NaOCl. Teknik analisis kualitatif menggunakan model analisis interaktif (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Teknik analisis kuantitatif digunakan untuk penafsiran data menggunakan statistik deskriptif. Data disajikan dalam bentuk tabel dideskripsikan berdasarkan hasil perhitungan laju dan orde reaksi percobaan yang dikaitkan dengan pembelajaran mandiri, konsep pendidikan lingkungan hidup dan kurikulum 2013. Validitas tatalaksana percobaan diketahui berdasarkan konsep-konsep pembelajaran praktikum melalui analisis percobaan dengan keterbatasan alat dan sarana ditinjau dari kelayakan prosedur, hasil, dan keamanan. Hasil menunjukkan bahwa tatalaksana percobaan kelarutan rambut dalam NaOCl adalah valid ditinjau dari kelayakan prosedur, hasil, dan keamanan. Orde reaksi antara rambut dan NaOCl merupakan orde reaksi dalam bentuk pecahan. Percobaan sesuai dengan konsep pendidikan lingkungan hidup ditinjau dari pendidikan tentang, di, dan untuk lingkungan. Percobaan sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar pada pada kurikulum 2013 darurat (dalam kondisi khusus) untuk SMA. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Validasi KW - Pembelajaran mandiri KW - Masa Pandemi KW - Percobaan Laju Reaksi Kimia KW - Lingkungan. M1 - skripsi TI - UJI VALIDASI TATALAKSANA PERCOBAAN LAJU REAKSI KIMIA BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK PEMBELAJARAN MANDIRI DI MASA PANDEMI AV - restricted EP - 139 ER -