eprintid: 4588 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/45/88 datestamp: 2013-01-17 10:24:19 lastmod: 2016-12-21 04:50:16 status_changed: 2012-05-04 16:46:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: FARIDHA YUSNAINI - NIM. 92121171, title: TRADISI PENDIDIKAN ISLAM DALAM HIKAYAT ABDULLAH KARYA ABDULLAH BIN ABDUL KADIR MUNSYI ispublished: pub subjects: S divisions: jur_spi full_text_status: restricted keywords: Hikayat Abdullah, Sastra Melayu, Pendidikan Islam. note: Pembimbing: Drs. Maman Abdul Malik Sya'roni, MS. abstract: Abdullah bin Abdul Kadir Munsyi merupakan seorang sastrawan Melayu yang lahir pada tahun 1796 di Semenanjung Malaka. Ia merupakan keturunan Arab-India. Kisah hidupnya ia tuangkan dalam bukunya yang berjudul Hikayat Abdullah. Dalam karyanya, ia menuturkan kisah hidupnya serta peristiwa-peristiwa yang dialami dan disaksikan baik itu masalah-masalah sosial, budaya maupun politik yang ditujukan dalam pemaparan kisah maupun pandangan dan kritik-kritiknya terhadap kondisi masyarakat Melayu pada waktu itu. Beliau, walaupun seorang keturunan Arab-India, namun ia lebih berpihak kepada Barat, khususnya Pemerintah Inggris. Ketertarikannya terhadap Inggris antara lain terhadap kemajuan bidang pendidikan yang dicapai Inggris. Hal ini memang wajar karena ia dibesarkan di lingkungan keluarga yang sangat memperhatikan pendidikan. Skripsi ini mengkaji Hikayat Abdullah, khususnya tradisi pendidikan Islam yang terdapat pada masyarakat Islam di Malaka pada masa hidup Abdullah. Kajian dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian filologi/studi teks,dengan pendekatan instrinsik, yaitu pendekatan yang berusaha menafsirkan dan menganalisis karya sastra dengan teknik dan metode yang diarahkan kepada dan berasal dari karya sastra itu sendiri. Kesimpulan yang diperoleh dari kajian ini adalah bahwa pendidikan Islam pada waktu itu sudah mengenal lembaga tempat belajar/mengaji dan majlis pengajian. Pendidikan Islam di tempat belajar formal meliputi metode belajar (klasikal), guru dan sistem hukuman. Pelajaran yang diberikan lebih ditekankan pada membaca al-Qur'an. Adapun majlis pengajian (pendidikan non formal) lebih bersifat sementara sesuai dengan kesepakatan antara guru dengan murid, dengan memberikan imbalan/bayaran kepada guru. Pada masa Abullah juga sudah dikenal perayaan khatam al-Qur'an. date: 2010-06-15 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Adab thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-06-15 10:22:55 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--faridhayus-4369-1-faridha-i.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/88/digilib-uinsuka--faridhayus-4369-1-faridha-i.pdf ; url download server lama : /download.php?id=4889 ; nama file lama : FARIDHA YUSNAINI NIM.92121171 TRADISI PENDIDIKAN ISLAM DALAM HIKAYAT ABDULLAH KARYA ABDULLAH BIN ABDUL KADIR MUNSYI.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 530250 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: FARIDHA YUSNAINI - NIM. 92121171, (2010) TRADISI PENDIDIKAN ISLAM DALAM HIKAYAT ABDULLAH KARYA ABDULLAH BIN ABDUL KADIR MUNSYI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4588/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4588/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf