TY - THES N1 - Pembimbing : A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si. ID - digilib45897 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45897/ A1 - Ika Sangidlatul Maghfiroh, NIM.: 17102020069 Y1 - 2021/03/29/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak yang kesulitan belajar khususnya dalam hal membaca dan menulis. Kesulitan membaca dialami oleh anak disleksia. Anak disleksia tidak bisa memperoleh informasi suatu pelajaran tanpa membaca. Aktivitas membaca merupakan hal yang sulit dilakukan dan menjadikan anak tertinggal dalam pelajaran. Anak disleksia selain kesulitan dalam membaca juga mengalami kesulitan dalam menulis. Dengan demikian peserta didik disleksia akan mengalami gangguan dalam mengikuti proses pembelajaran disekolah. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk bimbingan pribadi dalam meningkatkan kemampuan membaca anak disleksia di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan uji keabsahan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga bentuk bimbingan pribadi dalam meningkatkan kemampuan membaca anak disleksia di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta yaitu informasi pribadi, pengajaran remidial individu serta penyuluhan individual dan penasihatan individual. Karena Penyuluhan dan Penasihatan dalam pelaksanaannya di lakukan secara bersamaan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Bimbingan Pribadi KW - Kemampuan Membaca KW - Anak Disleksia. M1 - skripsi TI - BIMBINGAN PRIBADI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DISLEKSIA DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA AV - restricted EP - 111 ER -