@phdthesis{digilib45924, month = {March}, title = {MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI MADRASAH TSANAWIYAH LUAR BIASA/A YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNANETRA ISLAM (YAKETUNIS) DIY}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 16240100 Ahmad Muklisin}, year = {2021}, note = {Pembimbing : Achmad Muhammad, M.Ag.}, keywords = {Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia, MTsLB/A YAKETUNIS}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45924/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya menangani anak berkebutuhan khusus yang dilakukan sekolah luar biasa, seharusnya sekolah luar biasa memberikan suatu pelayanan yang layak walaupun dengan kekhususan yang disandangnya. Akan tetapi, dalam kenyataannya masih banyak masalah yang terjadi pada sekolah luar biasa itu sendiri. Masalah yang terjadi anatara lain dari segi sumber daya manusianya, di mana jumlah pengajar yang ada di sekolah luar biasa masih minim dan terdapat tenaga pengajar yang bukan lulusan dari pendidikan luar biasa. Dari segi katatalaksaannya sekolah luar biasa masih belum memberikan pelayanan yang efektif kepada anak berkebutuhan khusus dalam proses pembelajarannya dan fasilitas, sehingga anak berkebutuhan khusus belum mampu mengembangkan dirinya. Maka dari itu, dibutuhkan manajemen pengembangan sumber daya manusia untuk memastikan pengelolaan yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen pengembangan sumber daya manusia di Madrasah Tsanawiyah Luar Biasa/A YAKETUNIS (Yayasan Kesehatan Tunanetra Islam) Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriftif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji tranferabelitas, uji dependabilitas dan uji konfimabilitas. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa manajemen pengembangan sumber daya manusia di Madrasah Tsanawiyah Luar Biasa/A YAKETUNIS diawali dengan beberapa tahapan yakni dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi, dalam tahapan perencanaan sendiri meliputi penetapan tujuan, penetapan program dan penetapan standar. Dalam proses pengembangan yang dilakukan MTs sudah baik karena mempinyai standar yang jelas, sedangkan factor penghambatnya yaitu keterbatasan personil guru dan keterbatasan dana dalam proses pengembangan.} }