%0 Thesis %9 Skripsi %A Nuriyatuzzahro, NIM.: 13480098 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2020 %F digilib:45925 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K menyimak; berbicara; kesulitan belajar; %P 122 %T ANALISIS FAKTOR KESULITAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SDIT BINA ANAK ISLAM KRAPYAK YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45925/ %X Penelitian bertujuan untuk untuk mendiskripsikan kesulitan bahasa Indonesia yang dialami peserta didik serta untuk mengetahui faktor yang menyebabkan kesulitan bahasa Indonesia kelas V SDIT Bina Anak Islam Krapyak Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian deskriptif bukan untuk menguji hipotesis, tetapi untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap objek yang diteliti sebagaimana adanya. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDIT Bina Anak Islam Krapyak Yogyakarta. Uji validitas instrumen dilakukan dengan validitas isi dan validitas konstruk, sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbanch. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan belajar yang dialami sebagian besar peserta didik kelas V SDIT Bina Anak Islam Krapyak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia ialah pada aspek membaca. Rata-rata peserta didik masih kesulitan menemukan gagasan utama suatu bacaan. Sebagian besar peserta didik kelas V SDIT Bina Anak Islam Krapyak masih belum bisa menuliskan ulang bacaan yang telah dibacanya. Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar Bahasa indonesia bagi siswa kelas V ditinjau dari faktor internal yang paling berpengaruh adalah faktor intelegensi, dengan presentase 64% siswa merasa kesulitan pada faktor intelegensi dibandingkan faktor internal yang lain. Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar Bahasa indonesia bagi siswa kelas V ditinjau dari faktor eksternal yang paling berpengaruh adalah faktor keluarga, dengan indikator mengingatkan peserta didik untuk belajar dan memberi fasilitas penunjang belajar seperti buku bacaan. %Z Pembimbing: Dr. Andi Prastowo, S.P.d.I., M.Pd.I.