%A NIM.: 16250015 Nur Fitriyani %O Pembimbing : Dr. Arif Maftuhin, M. Ag., M.A.I.S. %T MEWUJUDKAN KELAS INKLUSIF BAGI MAHASISWA TULI DI UIN UNAN KALIJAGA MELALUI LAYANAN NOTE TAKING PUSAT LAYANAN DIFABEL (PLD) %X Semua difabel berhak menempuh pendidikan dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Beberapa perguruan tinggi di Indonesia sudah menerapkan sistem pendidikan inklusi, yaitu pendidikan yang menerima dan memberi layanan kepada mahasiswa difabel. Perguruan tinggi tersebut salah satunya ialah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga memiliki lembaga pelayanan bagi mahasiswa difabel yang bernama PLD (Pusat Layanan Difabel) yang miliki beberapa layanan untuk membantu mahasiswa difabel secara akademik. Salah satu layanan yang ada di PLD adalah note taking atau pendampingan kuliah, pendampingan ini diperuntukan untuk mahasiswa Tuli. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian partisipasi aktif. Peneliti menggumpulkan data dengan metode wawancara dan dokumentasi. Temuan dilapangan menghasilkan bahwa layanan note taking di Pusat Layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga dapat mewujudkan kelas yang inklusif dalam hal: bahasa dan komunikasi serta kebutuhan budaya. Layanan note taking dapat membantu mewujudkan kelas inklusi sesuai tugasnya mengklarifikasi materi, jaminan akses materi, sumber informasi, mengurangi kesenjangan informasi dan mengurangi kecemasan. Layanan note taking membantu mewujudkan kelas inklusi di UIN Sunan Kalijaga dengan baik agar aksesibel bagi mahasiswa Tuli %K layanan note taking, mewujudkan kelas inklusi di tingkat perguruan tinggi, kelas inklusi di tingkat perguruan tinggi %D 2021 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib45929