eprintid: 45929 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 12316 dir: disk0/00/04/59/29 datestamp: 2021-10-27 02:00:30 lastmod: 2021-10-27 02:00:30 status_changed: 2021-10-27 02:00:30 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: lib@uin-suka.ac.id creators_name: Nur Fitriyani, NIM.: 16250015 title: MEWUJUDKAN KELAS INKLUSIF BAGI MAHASISWA TULI DI UIN UNAN KALIJAGA MELALUI LAYANAN NOTE TAKING PUSAT LAYANAN DIFABEL (PLD) ispublished: pub subjects: K divisions: jur_iks full_text_status: restricted keywords: layanan note taking, mewujudkan kelas inklusi di tingkat perguruan tinggi, kelas inklusi di tingkat perguruan tinggi note: Pembimbing : Dr. Arif Maftuhin, M. Ag., M.A.I.S. abstract: Semua difabel berhak menempuh pendidikan dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Beberapa perguruan tinggi di Indonesia sudah menerapkan sistem pendidikan inklusi, yaitu pendidikan yang menerima dan memberi layanan kepada mahasiswa difabel. Perguruan tinggi tersebut salah satunya ialah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga memiliki lembaga pelayanan bagi mahasiswa difabel yang bernama PLD (Pusat Layanan Difabel) yang miliki beberapa layanan untuk membantu mahasiswa difabel secara akademik. Salah satu layanan yang ada di PLD adalah note taking atau pendampingan kuliah, pendampingan ini diperuntukan untuk mahasiswa Tuli. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian partisipasi aktif. Peneliti menggumpulkan data dengan metode wawancara dan dokumentasi. Temuan dilapangan menghasilkan bahwa layanan note taking di Pusat Layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga dapat mewujudkan kelas yang inklusif dalam hal: bahasa dan komunikasi serta kebutuhan budaya. Layanan note taking dapat membantu mewujudkan kelas inklusi sesuai tugasnya mengklarifikasi materi, jaminan akses materi, sumber informasi, mengurangi kesenjangan informasi dan mengurangi kecemasan. Layanan note taking membantu mewujudkan kelas inklusi di UIN Sunan Kalijaga dengan baik agar aksesibel bagi mahasiswa Tuli date: 2021-04-13 date_type: published pages: 110 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nur Fitriyani, NIM.: 16250015 (2021) MEWUJUDKAN KELAS INKLUSIF BAGI MAHASISWA TULI DI UIN UNAN KALIJAGA MELALUI LAYANAN NOTE TAKING PUSAT LAYANAN DIFABEL (PLD). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45929/1/16250015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45929/1/16250015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf