@phdthesis{digilib45934, month = {December}, title = {PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI YAPPI NGRANCANG KECAMATAN PLAYEN GUNUNGKIDUL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 13480122. Rikha Ikhwani Fauziyah}, year = {2020}, note = {Pembimbing: Fitri Yuliawati, S.Pd.Si, M.Pd.Si}, keywords = {Membaca dalam hati; self concept stage; scramble}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45934/}, abstract = {Penerapan metode pembelajaran Scramble bertujuan untuk meningkatakan kemampuan membaca peserta didik supaya hasil belajar pembelajaran lainnya juga meningkat. Dalam penelitian kali ini metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini merupakan salah satu bentuk penelitian yang longgar karena tujuan utamanya bukan menemukan suatu atau menggeneralisasikan akan tetapi untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Kemampuan membaca peserta didik kelas IV MI YAPPI Ngrancang sebelum menggunakan metode pembelajaran scramble masuk dalam kategori kurang. Hal ini ditunjukkan dengan hasil postest yang diperoleh peserta didik yaitu persentase ketuntasan hanya mencapai 28\% saja yaitu sebanyak 2 peserta didik dinyatakan tuntas dan 5 dinyatakan tidak tuntas. Nilai tertinggi yang dicapai peserta didik 78, nilai terendah 55, dan nilai rata-rata kelas adalah 65 dengan batas ketuntasan minimal 75. Mulai adanya peningkatan terjadi pada penelitian siklus II yang mencapai persentase hingga 85\%, sementara pada penelitian siklus I belum mencapai ketuntasan karena hanya mencapai 57\%. Nilai rata-rata yang diperoleh sebelum menerapkan metode Scramble adalah 67 sedangkan nilai rata-rata setelahnya naik hingga 79. Dari hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran model Scramble sangat membatu dalam meningkatkan kemampuan membaca dan pemahaman peserta didik.} }