@phdthesis{digilib46009, month = {December}, title = {PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS V SD MUHAMMADIYAH DANUNEGARAN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 13480130 Anang Supriyadi}, year = {2020}, note = {Pembimbing: Fitri Yuliawati, M.Pd. Si}, keywords = {membaca; belajar mengajar; motivator}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46009/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan kondisi minat baca peserta didik dan untuk mengetahui peran guru dalam menumbuhkan minat baca peserta didik kelas V di SD Muhammadiyah Danunegaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Danunegaran. Analisis data menggunakan analisis despriptif yang terdiri dari tiga alur, yaitu: reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kurang memiliki minat baca karena kurangnya buku bacaan yang menarik di perpustakaan. Upaya-upaya yang sudah dilakukan guru untuk meningkatkan minat baca anak adalah membuat program literasi selama lima belas menit sebelum kegiatan belajar dan menjadwalkan kunjungan ke perpustakaan kepada siswa setiap hari Kamis dan mengadakan kegiatan membaca buku di pojok baca. Guru juga menggunakan metode menceritakan kembali agar dapat menumbuhkan minat baca anak yaitu dengan cara: 1) guru mewajibkan peserta didik untuk membaca buku 1 hari minimal 1 lembar; 2) guru meminta peserta didik menulis buku apa dan halaman berapa yang dibaca; 3) guru meminta peserta didik menceritakan kembali buku yang dibaca kepada peserta didik lainnya; dan 4) guru mengadakan tanya jawab setelah peserta didik menceritakan kembali buku yang dibaca.} }