eprintid: 46010 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/04/60/10 datestamp: 2021-10-27 08:11:07 lastmod: 2021-10-27 08:11:07 status_changed: 2021-10-27 08:11:07 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Qothrin Nafiisah, NIM.: 13480126 title: KOMPETENSI PROFESIONAL GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VB MI AL-IHSAN MEDARI SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018 ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Peserta didik; Sekolah dasar; metode ceramah note: Pembimbing: Dr. Nur Hidayat, M.Ag. abstract: Guru sebagai salah satu komponen penting dalam kegiatan belajar mengajar memiliki posisi yang sangat menentukan dalam keberhasilan pembelajaran. Tidaklah mungkin bagi seseorang untuk hidup pada bagian bumi ini di abad ke-20 ini tanpa sedikitpun memanfaatkan matematika. Contoh kecilnya adalah ketika seorang peserta didik SD/MI hendak membelanjakan uang sakunya. Dalam proses pembelajaran di SD/MI, yang memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan pembelajaran matematika adalah seorang guru kelas. Idealnya, seorang guru kelas harus memiliki kualifikasi akademik yang sesuai, guru kelas juga harus memiliki kompetensi profesional. Untuk itu penelitian ini dilakukan. Adapun tujuannya adalahuntuk mengetahui sejauh mana kompetensi profesional yang dimiliki guru kelas dalam pembelajaran matematika di MI Al Ihsan Medari Sleman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terstruktur, dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah guru kelas VB MI Al Ihsan, kepala madrasah, dan beberapa peserta didik kelas VB. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan/verivikasi. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah tri angulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi profesional guru kelas dalam pembelajaran Matematika di kelas VB MI Al Ihsan sudah cukup baik. Dari lima indikator, 2 indikator sudah terpenuhi dengan baik, untuk indikator ke-3, ke-4 dan ke-5 masih terdapat beberapa sub-indikator yang belum terpenuhi.Pada indikator ke-3 yaitu mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif, dimana dalam hal ini adalah pembelajaran matematika, guru mengaku jarang menggunakan media dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, pada indikator ke-4 yaitu mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, guru sama sekali belum pernah melakukan tindakan kelas atau membuat karya ilmiah, sedangkan pada indikator ke-5 guru belum mamanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi dalam pembelajaran di kelas. 2) Terjadi peningkatan rata-rata nilai kelas saat UTS dan UAS. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas dari 60 menjadi 68. Selain itu ditilik dari presentase kriteria kelulusan minimal peserta didik juga terjadi peningkatan sebesar 15,9%, dari yang mulanya 33,3% menjadi 49,5%. date: 2020-04-29 date_type: published pages: 147 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Qothrin Nafiisah, NIM.: 13480126 (2020) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VB MI AL-IHSAN MEDARI SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46010/1/13480126_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46010/2/13480126_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf