eprintid: 46074 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/04/60/74 datestamp: 2021-10-29 05:13:14 lastmod: 2021-10-29 05:13:14 status_changed: 2021-10-29 05:13:14 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Fitri Budilestari, NIM.: 13600010 title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DISERTAI METODE TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_mat divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: Creative Problem Solving (CPS); talking stick; pembelajaran matematika note: Pembimbing: Dr. Hj. Khurul Wardati, M.Si abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) keefektivan model pembelajaran dengan pendekatan Creative Problem Solving disertai metode talking stick dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. (2) keefektivan model pembelajaran dengan pendekatan Creative Problem Solving (CPS) disertai metode talking stick dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap self-efficacy siswa. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Variabel yang diteliti terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran dengan pendekatan Creative Problem Solving (CPS) disertai metode talking stick serta variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018, sedangkan sampel penelitiannya adalah Kelas VIII E dan VIII F. Kelas VIII F dijadikan kelas eksperimen dengan treatment berupa pembelajaran dengan model pembelajaran dengan pendekatan Creative Problem Solving (CPS) disertai metode talking stick. Kelas VIII E dijadikan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah pretest-posttest kemampuan pemecahan masalah, pretest-posttest self-efficacy, dan RPP. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika parametrik inferensial yaitu uji-t dan statistik non parametrik yaitu uji Mann Whitney U. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.0 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) model pembelajaran dengan pendekatan Creative Problem Solving (CPS) disertai metode talking stick lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. (2) model pembelajaran dengan pendekatan Creative Problem Solving (CPS) disertai metode talking stick lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap self-efficacy. date: 2020-12-11 date_type: published pages: 284 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Fitri Budilestari, NIM.: 13600010 (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DISERTAI METODE TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46074/1/13600010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46074/2/13600010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf