@phdthesis{digilib46107, month = {November}, title = {EVALUASI PROGRAM SEDEKAH SAMPAH MELALUI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI SDIT SALMAN AL FARISI MLATI SLEMAN YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 14480146 ANISATUL HIDAYAH}, year = {2020}, note = {Dr. Moh. Agung Rokhimawan. M.Pd}, keywords = {Evaluasi Program, Sedekah Sampah, Pendidikan Lingkungan Hidup}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46107/}, abstract = {Perkembangan kebutuhan manusia menjadi salah satu penyebab permasalahan lingkungan yang terjadi saat ini. Hal ini dapat diketahui dari banyaknya sampah domestik, industri, dan transportasi di sungai, tanah, dan laut. Dengan demikian, program sedekah sampah adalah salah satu media untuk mengantarkan peserta didik pada pengenalan perilaku terhadap sampah yang benar agar menjadi kebiasaan dan akhirnya menjadi budaya buang sampah pada tempatnya serta menyadari bahwa tidak semua sampah menjadi kotoran, melainkan ada pula yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan rupiah, yang kemudian diberikan kepada mereka yang membutuhkan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui evaluasi program sedekah sampah dan faktor pendukung serta penghambat dalam pelaksanaan program sedekah sampah melalui pendidikan lingkungan hidup di SDIT Salman Al Farisi Mlati Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik, wali kelas, koordinator program sedekah sampah, kepala sekolah, dan orang tua peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan cara menggabungkan berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang ada. Peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Evaluasi program sedekah sampah melalui pendidikan lingkungan hidup yaitu menerapkan berbagai tahapan yang dimulai dari tahap pengenalan program sedekah sampah, tahap sosialisasi program sedekah sampah, tahap pelaksanaan program sedekah sampah dan tahap evaluasi program sedekah sampah, (2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan program sedekah sampah melalui pendidikan lingkungan hidup di antaranya rasa kepemilikan bersama terhadap program sedekah sampah, dukungan dari orang tua dan dukungan warga sekolah. Adapun faktor penghambat dalam pelaksanaan program sedekah sampah melalui pendidikan lingkungan hidup yaitu kurangnya motivasi peserta didik dalam pelaksanaan program sedekah sampah, wali kelas lupa untuk mengingatkan kepada peserta didik dan kurangnya komunikasi dengan pengepul sampah.} }