%A NIM: 14480152 Ismiyati Artiningrum %O Moh. Agung Rokhimawan, M. Pd %T NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU “KUMPULAN CERITA BUDI PEKERTI 1” KARYA NINDIA MAYA DAN WATIEK IDEO DALAM RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH %X Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) apa saja nili-nili pendidikan karakter dalam buku “Kumpulan cerita Budi Pekerti 1” karya Nindia Maya dan Watiek Ideo, (2) bagaimana relevansi niali-nilai pendidikan karakter dalam buku buku “Kumpulan cerita Budi Pekerti 1” karya Nindia Maya dan Watiek Ideo bagi anak usia Madrasah Ibtidaiyah. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku “Kumpulan cerita Budi Pekerti 1” karya Nindia Maya dan Watiek Ideo, (2) mendeskripsikan relevansi nilai-nilai karakter dalam buku “Kumpulan cerita Budi Pekerti 1” karya Nindia Maya dan Watiek Ideo bagi anak usia Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan kajian isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku “Kumpulan Ceerita Budi Pekerti 1” yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab. Nilai-nilai tersebut relevan bagi anak usia madrasah ibtidaiyah, karena dapat dijadikan sebagai alat mendidik untuk membagun karakter anak, dapat diterapkan anak-anak di lingkungannya, menyertakan ilustrasi, serta dapat mendukung ketercapaian tugas perkembangan anak usia madrasah ibtidaiyah. %K Pendidikan Karakter, Nilai-nilai Karakter, Madrasah Ibtidaiyah %D 2020 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib46108