TY - THES N1 - Dr. Maemonah, M.Pd ID - digilib46109 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46109/ A1 - Ageng Asitarini, NIM.: 14480166 Y1 - 2020/12/16/ N2 - Nilai-nilai gotong royong yang didalamnya terkandung banyak nilai kemanusiaan, perilaku adil, mementingkan bersama ketimbang kepentingan pribadi atau golongan serta mengembangkan budaya persatuan semakin hari semakin memudar. Hal tersebut sejalan dengan pekembangan zaman disertai semakin canggihnya teknologi. pendidikan karakter hadir sebagai salah satu yang nantinya diharapkan akan dapat merubah masyarakat di Indonesia. Melalui pendidikan karakter nantinya diharapkan dapat membangun moral masyarakat menjadi pribadi yang beradab. Pendidikan karakter pada dasarnya dapat ditempuh melalui berbagai cara dan banyak media, salah satunya melalui media sastra. Setiap sastra mengadung muatan-muatan pesan yang dapat mengembangkan kemampuan akan dalam berimajinasi dan berperilaku serta berpikir. Buku yang disajikan dengan gambar ilustrasi sesuai dengan peristiwa atau kejadian dalam buku akan mempengaruhi proses dan pola pikir anak melalui alam bawah sadar. Buku berjudul ?Seri Petualangan Fatih Meneladani Sifat Nabi 2? Karya Dewi Liez hadir sebagai salah satu buku anak yang dapat dinikmati dan dipahami melalui pikiran anak-anak, memiliki konsep kisah sehari-hari yang sangat relevan, serta didukung dengan gambar ilustrasi yang menarik. Permasalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: apa saja nilai-nilai Pendidikan karakter gotong-royong dalam buku ?Seri Petualangan Fatih Meneladani Sifat Nabi 2? karya Dewi Liez. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui nilai-nilai Pendidikan karakter gotong-royong yang terkandung dalam buku ?Seri Petualangan Fatih Meneladani Sifat Nabi 2? karya Dewi Liez, Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan sumber data primer buku berjudul ?Seri Petualangan Fatih Meneladani Sifat Nabi 2? karya Dewi Liez dan sumber data sekunder berupa buku-buku yang berkaitan dengan pendidikan karakter gotong royong, jurnal dan website mengenai pendidikan karekter. Teknik pengumpulan data menggunakan studi Pustaka, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode dimana data primer divalidasi melalui wawancara dengan penulis dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kajian isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai Pendidikan Karakter Gotong royong yang muncul dalam Buku ?Seri Petualangan Fatih Meneladani Sifat Nabi 2? karya Dewi Liez diantaranya yaitu: Kerjasama, Menghargai perbedaan, menolong, Musyawarah-mufakat, Sikap Kerelawanan, Anti Diskriminasi, Inklusif dan Empati PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pendidikan Karakter KW - Gotong-royong M1 - skripsi TI - NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER GOTONG-ROYONG DALAM BUKU ?SERI PETUALANGAN FATIH MENELADANI SIFAT NABI 2? KARYA DEWI LIEZ AV - restricted EP - 117 ER -