%0 Thesis %9 Skripsi %A SYARIF HIDAYATULLAH, NIM. 16410002 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2020 %F digilib:46122 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dan Pendidikan Agama Islam %P 119 %T ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA BUKU (SISWA) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN BUDI PEKERTI SMP KELAS VII %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46122/ %X Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah adanya keberagaman yang begitu kompleks di Indonesia, baik keberagaman agama/kepercayaan, ras, suku, etnis, budaya, maupun orgnaisasi terutama organisasi dari umat Islam yang merupakan mayoritas yaitu mencapai 431.465 ormas dan organisasi. Keberagaman tersebut suatu waktu dapat berpotensi konflik satu sama lain. Oleh karena itu, untuk menghindari konflik, setiap warga Negara terkhusus umat Islam perlu di didik sejak dini tentang nilai multikultural melalui pendidikan. Salah satu caranya adalah dengan memasukkan, menginternalisasikan dan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan multikultural pada buku (siswa) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya muatan nilai-nilai pendidikan multiltikultural dalam buku (siswa) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti SMP kelas VII serta apa saja kelebihan dan kekurangan buku tersebut menurut perspektif pendidikan multikultural. Jenis penelitian ini adalah library research. Penelitian ini bersifat deskriptif-analitis. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan metode content analysis, reduksi dan interpretasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; pertama, buku (siswa) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti SMP kelas VII memiliki semua nilai-nilai pendidikan multikultural, yaitu nilai toleransi, kesetaraan, keadilan, dan demokrasi. Kedua, kelebihan buku tersebut menurut perspektif Pendidikan multikultural, yaitu memiliki muatan seluruh nilai-nilai pendidikan multikultural yang terdiri atas nilai toleransi, kesetaran, keadilan dan demokrasi. Selain itu, terdapat 2 bab yang hampir mencakup seluruh nilai pendidikan multikultural, yaitu bab 4 dan bab 11. Sedangkan yang menjadi kelemahannya adalah masih banyaknya bab yang tidak memuat nilai pendidikan multikultural, serta Integrasi dan internalisasi nilai ajaran Islam dengan pendidikan multikultural dalam buku tersebut masih kurang dan tidak merata. %Z Drs. Nur Hamidi, M.A