eprintid: 46124 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/04/61/24 datestamp: 2021-10-31 01:52:39 lastmod: 2021-10-31 01:52:39 status_changed: 2021-10-31 01:52:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Tin Warotul Fatimah, NIM. 16430020 title: PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSIF PADA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM ANAK USIA DINI ispublished: pub subjects: s_piaud divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: pendidikan inklusif, pembelajaran agama Islam, TK Islam Pelangi Anak Negeri note: Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M. abstract: Agama Islam merupakan salah satu bidang studi wajib diajarkan guru pada lembaga pendidikan formal. Oleh Karena itu pembelajaran agama Islam merupakan usaha-usaha mengajarkan berbagai persoalan dan nilai-nilai agama. Penelitian ini dilatar belakangi adanya pendidikan agama untuk anak yang kerap menemui kegagalan, karena pendidikan agama selama ini lebih menekankan aspek kognitif dan afektif, kurang memperhatikan ranah psikomotorik. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan secara mendalam penerapan pendidikan inklusif pada pembelajaran agama Islam anak usia dini dengan aspek akidah, ibadah, dan akhlak di TK Islam Pelangi Anak Negeri Yogyakarta. Metode penelitian ini yaitu kualitatif. Adapun pengambilan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian: (1) Penerapan pendidikan inklusif melayani kebutuhan siswa tanpa memandang segala perbedaan dapat dilihat dari prinsip pembelajaran, menggunakan kurikulum yang dimodifikasi sesuai kebutuhan siswa, komposisi kelas terdidri dari berbagai aspek keberanekaragaman, pembelajaran agama Islam mengembangkan aspek: akidah yaitu mengenalkan tuhan, ibadah dengan melaksanakan sholat, murajaah, baca iqra, dan akhlak dengan mengajarkan kata maaf, terimakasih, tolong; (2) Faktor pendukung penerapan pendidikan inklusif yaitu: Sumber Daya Manusia (SDM) dan orangtua. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: gedung sekolah, Guru Pembimbing Khusus (GPK), dan guru dalam penanganan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). date: 2020-11-09 date_type: published pages: 131 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Tin Warotul Fatimah, NIM. 16430020 (2020) PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSIF PADA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM ANAK USIA DINI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46124/1/16430020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46124/2/16430020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf