@phdthesis{digilib46127, month = {November}, title = {IMPLEMENTASI BELAJAR DARI RUMAH (BDR) PADA ANAK USIA DINI DI TK B MASYITHOH GREGES DONOTIRTO KRETEK BANTUL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 16430033 SITI FAUZIA HADIATI}, year = {2020}, note = {Dr. Sigit Purnama, SPd.I., M.Pd.}, keywords = {Implementasi Pembelajaran, Belajar dari rumah, covid-19}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46127/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya Pemahaman Guru dan Orang tua wali murid dalam Implementasi Belajar Dari Rumah yang di tetapkan oleh Pemerintah dalam Surat Edaran Mendikbud No. 4 tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pandemi terhadap dunia pendidikan khususnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan mencoba menguariakan tentang proses pembelajaran baru dengan sistem belajar jarak jauh atau belajar dari rumah (BDR) agar sistem pendidikan dan pembelajaran tetap berlangsung dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian di TK Masyithoh Greges. Subyek penelitian yaitu, kepala sekolah, Guru kelas, dan wali murid. Analisis data dilakukan dengan model Milles dan Hubermen yaitu data reduction, data display dan data conclusion drawing/ verivication, sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Implementasi Belajar dari rumah (BDR) pada anak usia dini di TK Masyithoh Greges adalah pembelajaran dari rumah secara online melalui media whatsapp. 2) Penerapan belajar dari rumah melewati beberapa tahapan dalam pembelajaran antara lain: tahapan perencanaan yang menjelaskan tentang kegiatan yang dilaksanakan sebelum pelaksanaan pembelajaran melalui media online (whatsapp) ; tahap pelaksanaan merupakan tata cara pembelajaran yang di lakukan melalui media online (whatsapp) secara terperinci ; dan tahap evaluasi yang menjelaskan tentang tindakan lanjutan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam pembelajaran dari rumah. 3) Faktor pendukung kegiatan belajar dari rumah terjalinnya komunikasi dengan baik anatra orang tua dengan guru, perhatian dan kepedulian ornag tua terhadap anak meningkat, sarana dan prasarana yang di sesuaikan dengan keadaan siswa, peserta didik lebih leluasa dalam belajar dan bermain. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi; rasio antara peserta didik dan guru belum proporsional, keterbatasan sarana dan prasarana seperti alat dan bahan pembelajaran.} }