eprintid: 46127
rev_number: 8
eprint_status: archive
userid: 12259
dir: disk0/00/04/61/27
datestamp: 2021-10-31 03:52:38
lastmod: 2021-10-31 03:52:38
status_changed: 2021-10-31 03:52:38
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: SITI FAUZIA HADIATI, NIM. 16430033
title: IMPLEMENTASI BELAJAR DARI RUMAH (BDR)
PADA ANAK USIA DINI DI TK B MASYITHOH
GREGES DONOTIRTO KRETEK BANTUL
ispublished: pub
subjects: s_piaud
divisions: pa_uds1
full_text_status: restricted
keywords: Implementasi Pembelajaran, Belajar dari rumah, covid-19
note: Dr. Sigit Purnama, SPd.I., M.Pd.
abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya Pemahaman Guru dan Orang
tua wali murid dalam Implementasi Belajar Dari Rumah yang di tetapkan oleh
Pemerintah dalam Surat Edaran Mendikbud No. 4 tahun 2020. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui dampak pandemi terhadap dunia pendidikan
khususnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan mencoba menguariakan
tentang proses pembelajaran baru dengan sistem belajar jarak jauh atau belajar
dari rumah (BDR) agar sistem pendidikan dan pembelajaran tetap berlangsung
dengan baik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik
pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Lokasi
penelitian di TK Masyithoh Greges. Subyek penelitian yaitu, kepala sekolah,
Guru kelas, dan wali murid. Analisis data dilakukan dengan model Milles dan
Hubermen yaitu data reduction, data display dan data conclusion drawing/
verivication, sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Implementasi Belajar dari rumah
(BDR) pada anak usia dini di TK Masyithoh Greges adalah pembelajaran dari
rumah secara online melalui media whatsapp. 2) Penerapan belajar dari rumah
melewati beberapa tahapan dalam pembelajaran antara lain: tahapan perencanaan
yang menjelaskan tentang kegiatan yang dilaksanakan sebelum pelaksanaan
pembelajaran melalui media online (whatsapp) ; tahap pelaksanaan merupakan
tata cara pembelajaran yang di lakukan melalui media online (whatsapp) secara
terperinci ; dan tahap evaluasi yang menjelaskan tentang tindakan lanjutan untuk
mengukur kemampuan peserta didik dalam pembelajaran dari rumah. 3) Faktor
pendukung kegiatan belajar dari rumah terjalinnya komunikasi dengan baik anatra
orang tua dengan guru, perhatian dan kepedulian ornag tua terhadap anak
meningkat, sarana dan prasarana yang di sesuaikan dengan keadaan siswa, peserta
didik lebih leluasa dalam belajar dan bermain. Sedangkan faktor penghambatnya
meliputi; rasio antara peserta didik dan guru belum proporsional, keterbatasan
sarana dan prasarana seperti alat dan bahan pembelajaran.
date: 2020-11-30
date_type: published
pages: 158
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   SITI FAUZIA HADIATI, NIM. 16430033  (2020) IMPLEMENTASI BELAJAR DARI RUMAH (BDR) PADA ANAK USIA DINI DI TK B MASYITHOH GREGES DONOTIRTO KRETEK BANTUL.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46127/1/16430033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46127/2/16430033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf