TY - THES N1 - Fitri Yuliawati, S.Pd. Si., M.Pd. Si ID - digilib46129 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46129/ A1 - Alfiana Khoiru Siami, NIM: 16480003 Y1 - 2020/09/28/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pengembangan kurikulum guru di MI Muhammadiyah Jati. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi sumber. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru tematik terpadu kelas I dan guru tematik terpadu kelas II. Hasil penelitian mengenai kompetensi pengembangan kurikulum guru kelas di MI Muhammadiyah Jati pada indikator kompetensi pedagogik yaitu mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran atau bidang yang diampu diperoleh data bahwa dalam melakukan proses mengembangkan indikator pembelajaran dengan guru melihat dari silabus. Dalam menentukan tujuan pembelajaran guru mengembangkan dari indikator dan untuk mencapai tujuan pembelajaran guru menggunkan strategi pembelajaran yang disesuaiakan dengan materi yang akan diajarkan. Dalam pemilihan materi pelajaran guru melihat dari silabus dan selanjutnya di masukkan kedalam RPP dan selanjutnya guru mengemas materi pelajaran dengan mengidentifikasi karakteristik siswa untuk selanjutnya menyususn materi dan memilih pendekatan yang akan digunakan. Indikator dan instrumen penilaian dikembangkan dari KD menjadi indikator lalu menjadi kisi-kisi kemudian menjadi soal. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kompetensi Pengembangan Kurikulum Guru Kelas KW - Kompetensi Guru M1 - skripsi TI - KOMPETENSI PENGEMBANGAN KURIKULUM GURU KELAS DI MI MUHAMMADIYAH JATI AV - restricted EP - 133 ER -