%0 Thesis %9 Masters %A Ratnasari, S.Pd, NIM.: 18204010085 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2020 %F digilib:46137 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Model Daring Learning, Motivasi Belajar, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar %P 124 %T MODEL DARING LEARNING DI ERA PANDEMI COVID-19 DAN IMPLIKASINYA PADA MOTIVASI, KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS X MIA 1 MAN PANGKEP SULAWESI SELATAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46137/ %X Semenjak mewabahnya Covid-19 di seluruh Negara Indonesia, membuat banyak pendidikan melakukan kegiatan pembelajaran yang biasanya berlangsung secara tatap muka, pandemi ini mampu mengakselerasi pendidikan dalam sistem pembelajaran yang dilakukan jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi. Keberadaan teknologi sebagai jembatan pendidikan dan mempermudah pendidik, karena teknologi mengandalkan kemampuan pembelajaran jarak jauh Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi model daring learning yang diterapkan pada pembelajaran akidah akhlak selama pandemi Covid-19 dan melihat sejauh mana implikasi daring learning yang diberikan pada motivasi, keaktifan, dan hasil belajar peserta didik kelas X MIA 1 MAN Pangkep Sulawesi Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian campuran atau disebut dengan mixed methods yang artinya menerapkan kombinasi dua pendekatan sekaligus (kualitatif dan kuantitatif). Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 1 dan salah satu pendidik akidah akhlak yang mengajar pada kelas tersebut. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah trianggulasi teknik dengan pengumpulan data yang berbeda-beda untuk mendapatkan data dari sumber yang sama. Hasil penelitian menunjukkan jenis model daring learning yang digunakan pada era Covid-19 pada pembelajaran akidah akhlak yakni Whatsapp Group yang dijadikan sebagai ruang kelas dalam pembelajaran jarak jauh, sehingga dapat memudahkan pendidik menyampaikan materi ajar dan dapat diakses oleh peserta didik. Implikasi daring learning terhadap motivasi belajar peserta didik, seorang pendidik haruslah memberikan upaya-upaya dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik sehingga tidak timbul rasa bosan dalam melakukan pembelajaran daring, sedangkan daring learning terhadap keaktifan belajar selama pandemi ini memberikan umpan balik kepada peserta didik sehingga mereka lebih aktif dalam pembelajaran, memberikan bantuan kepada peserta didik yang kurang terlibat dalam pembelajaran dan memberikan kesimpulan setiap materi pada akhir pembelajaran. Terakhir implikasi daring learning terhadap hasil belajar dapat dilihat dari nilai raport yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebanyak 83,06. %Z Pembimbing : Dr. Mahmud Arif, M. Ag.