%A NIM 16600025 Rini Utami %O Dr. Hj. Khurul Wardati, M.Si %T PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS %X Kemampuan pemahaman konsep siswa masih tergolong rendah dengan salah satu penyebabnya yaitu kurang adanya keterpaduan antar perangkat pembelajaran dalam SSP yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan SSP matematika berbasis penemuan terbimbing dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII pada materi prisma dan limas. Kelayakan kualitas produk SSP didasarkan pada uji validasi produk oleh validator ahli materi dan ahli media. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan PPE (Planning, Production, dan Evaluation). Instrumen penelitian pengembangan ini berupa lembar pernilaian SSP matematika berbasis penemuan terbimbing dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Lembar penilaian SSP terdiri dari 4 kategori penilaian, yaitu: Sangat Baik (SB), Baik (B), Kurang (K), dan Sangat Kurang (SK). Sumber data diperoleh dari lembar penilaian SSP yang telah divalidasi oleh 3 validator ahli yaitu sebagai ahli materi sekaligus ahli media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berdasarkan penilaian oleh validator ahli termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase keidealan 84,50%. Dengan demikian, produk SSP matematika berbasis penemuan terbimbing dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat dinyatakan sudah valid sehingga telah dapat langsung digunakan atau dijadikan referensi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pada materi prisma dan limas. %K Subject Specific Pedagogy (SSP), Penemuan Terbimbing, Numbered Heads Together (NHT), kemampuan pemahaman konsep, prisma, limas %D 2020 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib46172