eprintid: 46241 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/62/41 datestamp: 2021-11-02 04:20:49 lastmod: 2021-11-02 04:20:49 status_changed: 2021-11-02 04:20:49 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Alis Muhlis, NIM.: 18205010066 title: EPISTEMOLOGI MEDIA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN QIRA’ATI, IQRA`, UMMI, DAN 10 JAM BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN ispublished: pub subjects: fil_isl subjects: qh divisions: Qur_had full_text_status: restricted keywords: Epistemologi media pembelajaran Al-Qur¡®an, Qira.ati, Iqra., Ummi, 10 Jam Belajar Al-Qur.an. note: Pembimbing : Prof. Dr. H. Muhammad Chirzin, S.Ag., M.Ag abstract: Pergumulan Islam dengan penduduk Nusantara Indonesia memakan waktu yang cukup panjang dengan stamina perjuangan yang luar biasa dan melelahkan. Pada masa Islamisai hingga masa perkembangannya, Al-Qur‘an diperkenalkan oleh para da‟i kepada masyarakat secara beriringan. Mengingat Al-Qur‘an sebagai kitab suci umat Islam dalam artian apabila seseorang memeluk atau menjadi muslim ada tuntutan baginya untuk mempelajari Al-Qur‘an minimal bisa membacanya secara lancar. Berhubung Al-Qur‘an adalah berbahasa Arab, maka mau tidak mau suka tidak suka sebagai muslim harus mengusahakan untuk mempelajarinya. Berbagai macam media pembelajaran Al-Qur‘an telah disusun oleh para tokoh intelektual dan ualama dari berbagai kalangan dan latar belakang guna memberikan kemudahan dan mempercepat dalam pembelajaran Al-Qur‘an. Setiap media pembelajaran Al-Qur‘an yang di susun pasti memiliki karakteristik, ciri khas, dan keunggulan, serta kekurangannya masing-masing. Fokus penelitian ini adalah mengkaji epistemologi dari media pembelajaran Al-Qur‘an dengan mengambil sampel penelitian pada keempat media pembelajaran Al-Qur‘an yakni Qira‟ati, Iqra`, Ummi, dan 10 Jam Belajar Membaca Al-Qur‟an. Dengan demikian, yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1). Bagaimana sistem pembelajaran Al-Qur‘an Qira‟ati, Iqra`, Ummi, dan 10 Jam Belajar Membaca Al-Qur‟an?; 2) Apa persamaan dan perbedaan dari keempat media pembelajaran Al-Qur‘an tersebut?; 3). Apa kelebihan dan kekurangan dari keempat media pembelajaran Al-Qur‘an tersebut?. Sedangkan metode penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian pustaka dengan teknik pengolahan datanya adalah deskriptif-analitik-komparatif. Kesimpulan akhir yang dapat diperoleh pada penelitian ini adalah bahwa lahirnya berbagai media pembelajaran Al-Qur‘an dari masa ke masa mengalami pembaharuan. Penulis melakukan pemetaan menjadi empat era/masa, yaitu era Islamisasi, Pribumisasi, Kontestasi, dan Digitalisasi. Hakikat lahirnya media-media pembelajaran Al-Qur‘an tersebut dari waktu ke waktu adalah sebagai bentuk respon terhadap kondisi sosial masyarakat yang memprihatinkan akan semakin merebaknya buta huruf Al-Qur‘an. Disamping itu media-media di susun oleh penyusunnya yaitu merupakan upaya pembaharuan sebagai bentuk ikhtiar dalam melahirkan sebuah media pembelajaran Al-Qur‘an baru yang lebih mudah dan praktis, efektif dan efesien, serta dapat menghasilkan produk pelajar/siswa yang berkualitas mampu lancar, mahir dan tartil dalam penguasaan membaca Al-Qur‘an. Sistem pembelajaran yang dibangun pun juga beragam, sesuai dengan kecerdasan dan kreatifitas masing-masing penyusunnya. Adapun terjadinya persamaan dan perbedaan, serta kelebihan dan kekurangan antar masing-masing media pembelajaran Al-Qur‘an satu dengan yang lainnya, yaitu dengan mencoba melakukan pengkajian secara komparatif pada keempat media pembelajaran Al-Qur‘an merupakan suatu keniscayaan dan menjadi keunikan serta keistimewaan tersendiri sebagai khazanah dan kekayaan literatur Islam di Indonesia. date: 2020-10-08 date_type: published pages: 234 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM thesis_type: masters thesis_name: other citation: Alis Muhlis, NIM.: 18205010066 (2020) EPISTEMOLOGI MEDIA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN QIRA’ATI, IQRA`, UMMI, DAN 10 JAM BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46241/1/18205010066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46241/2/18205010066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf