%0 Thesis %9 Skripsi %A Amelia, NIM.: 16250054 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2021 %F digilib:46285 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pendidikan Inklusif, Mahasiswa Tuli, Layanan Pendidikan Inklusi %P 130 %T PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF UNTUK MAHASISWA TULI DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46285/ %X Pada dasarnya pendidikan menjadi hak bagi setiap warga negara yang layak dan tidak diskriminasi. Hak ini juga berlaku pada difabel yang terdapat dalam UndangUndang Nomor 8 Tahun 2016. Setiap anak terlahir dengan unik, perbedaan itu normal adanya. Anak yang mengalami hambatan gangguan fungsi pendengaran (Difabel Tuli). Pemerintah wajib memfasilitasi pendidikan untuk difabel melalui pendidikan inklusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan dekriptif kualitatif dengan partisipasi aktif. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan di lapangan menghasilkan bahwa dalam mengakomodasi mahasiswa Tuli di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dapat disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik difabel dengan adanya layanan pendidikan inklusi yang meliputi layanan admisi mahasiswa baru, layanan pendampingan pra-kuliah, layanan kelas inklusi, kurikulum model modifikasi, dan pelaksanaan proses pembelajaran. Sehingga dapat terbentuknya kampus inklusif melalui tersedianya layanan bagi mahasiswa difabel. %Z Pembimbing : Dr. Arif Maftuhin, M. Ag., MAIS