eprintid: 46290 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 12464 dir: disk0/00/04/62/90 datestamp: 2021-11-03 08:10:15 lastmod: 2021-11-03 08:10:15 status_changed: 2021-11-03 08:10:15 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: asri.chasanawati@uin-suka.ac.id creators_name: Istiqomah Rifkha Aghni, NIM.: 17102010055 title: MITOS KECANTIKAN PEREMPUAN PADA NEW MEDIA (ANALISIS SEMOTIKA VIDEO YOUTUBE BEAUTY INFLUENCER MUSLIM FATHI NRM) ispublished: pub subjects: PA subjects: wan_islam divisions: jur_kpi full_text_status: restricted keywords: Analisis Semiotik, Perempuan, Mitos Kecantikan, New Media note: Pembimbing: Dr. H. M. Kholili , M.Si. abstract: Mitos kecantikan telah menjebak perempuan dalam kungkungan dan ketidak berdayaan. Kondisi ini terbentuk atas koalisi yang jitu dari masyarakat dan industri media, yang kemudian dibesarkan oleh industri kosmetik. Sebagai media baru, YouTube menciptakan suasana industri media yang lebih demokratis, sayangnya ketidak jelasan regulasi dan mekanisme, membuat YouTube tumbuh secara liar dengan komersialisasi jumlah penonton. Kondisi ini membuat terciptanya berbagai konten yang tidak seharusnya ada, salah satunya penyebaran mitos kecantikan oleh beauty influencer. Melihat situasi ini, peneliti tertarik untuk meneliti mitos kecantikan yang disebarkan oleh salah satu beauty influencer muslim di Indonesia yaitu Fathi Nrm. Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes untuk mengungkap mitos kecantikan yang diproduksi oleh beauty influencer pada new media. Penelitian ini mencoba menjelaskan bagaimana tanda diproduksi dengan mengamati antara penanda dan petanda dalam konten pada new media. Pada penggarapanya penelitian berfokus pada teks verbal konten beauty influencer yang ditayangkan dan memecahkan identifikasi menggunakan teori mitos kecantikan Naomi Wolf. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pada kanal YouTube Fathi Nrm ditemukan indikator mitos kecantikan berupa kecantikan sebagai persoalan institusi laki-laki, kecantikan sebagai alat tukar, dan kecantikan secara objektif dan universal. date: 2021-06-25 date_type: published pages: 143 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Istiqomah Rifkha Aghni, NIM.: 17102010055 (2021) MITOS KECANTIKAN PEREMPUAN PADA NEW MEDIA (ANALISIS SEMOTIKA VIDEO YOUTUBE BEAUTY INFLUENCER MUSLIM FATHI NRM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46290/1/17102010055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46290/2/17102010055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf