%0 Thesis %9 Skripsi %A Aida Nurmajdina, NIM.: 17102010058 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2021 %F digilib:46291 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Representasi, Film Web Series Ta’aruf Rasa Pacaran, Kajian Semiotika Charles Sander Pierce %P 94 %T REPRESENTASI MAKNA TA’ARUF PADA FILM WEB SERIES TA’ARUF RASA PACARAN DI CHANNEL YOUTUBE FILM MAKER MUSLIM %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46291/ %X Kemajuan dalam kegiatan berdakwah ditandai dengan munculnya media baru yang bisa digunakan untuk menyebarluaskan pesan dakwah, salah satunya adalah youtube. Salah satu channel youtube yang berisi konten dakwah adalah Film Maker Muslim. Film Maker Muslim merupakan channel sineas film yang sudah banyak membuat film pendek dakwah, salah satu film pendeknya adalah film web series Ta‟aruf Rasa Pacaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Film Maker Muslim merepresentasikan ta’aruf dalam film web seriesnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika milik Charles Sanders Pierce. Kemudian teori representasi yang digunakan adalah milik Stuart Hall, yang mengartikan representasi sebagai proses produksi arti dengan menggunakan bahasa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam film web series Ta‟aruf Rasa Pacaran aspek ikonnya adalah Dinar dan Dimas. Indeksnya adalah kegiatan perkenalan dalam Islam yang disebut ta’aruf. Dan simbolnya ada kata “ta’aruf” dan “Pacaran” di dalam judul film. kata “ta‟aruf” dalam judul, yang menandakan kata positif karena menandakan perkenalan dalam Islam yang dilakukan secara objektif tanpa melibatkan perasaan, dan perkenalan dilakukan untuk menuju jenjang pernikahan. Kata ta’aruf disandingkan dengan kata “pacaran” yang memiliki arti negatif, bahwa pacaran merupakan kegiatan yang mendekati zina, Allah melarang orang-orang yang bahkan hanya mendekati perbuatan zina. Karena zina adalah perbuatan keji dan merupakan suatu jalan yang buruk. %Z Pembimbing: Dra. Anisah Indriati, M.Si