TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. H. Muhsin, S.Ag., M.A., M.Pd ID - digilib46317 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46317/ A1 - Ilda Risma, NIM.: 17102020014 Y1 - 2021/03/29/ N2 - Di sekolah bimbingan kelompok merupakan layanan dasar bimbingan dan konseling yang diberikan guru BK kepada siswanya. Namun masih sedikit guru BK yang menggunakan layanan bimbingan kelompok untuk membantu mengatasi masalah sosial siswa. Siswa yang memiliki kohesivitas rendah, mereka jarang bermain bersama, jarang diskusi bersama dan kurang antusias ketika dalam satu kelompok belajar. Hal ini akan sangat mengganggu dalam pelaksanaan kegiatan belajar dan hubungan sosial antar siswa. Salah satu langkah dalam mengingkatkan kohesivitas siswa dalam kelas, yakni layanan bimbingan kelompok. Hal ini kerena bimbingan yang dilakukan secara berkelompok akan lebih memiliki dinamika, sehingga akan timbul rasa antusias pada peserta dan akan timbul adanya interaksi antar anggota kelompok untuk berbagi ide, pemikiran, solusi, pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada siswa mengenai pentingnya kohesivitas antar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan tahap-tahap yang dilakukan sekolah dalam proses bimbingan kelompok untuk meningkatkan kohesivitas siswa SMA N 1 Banguntapan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian yang dilakukan yaitu dengan pengamatan secara langsung dan melakukan wawancara kepada subjek di SMA N 1 Banguntapan Bantul serta dilengkapi oleh dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu terdapat empat tahap yang dilakukan dalam meningkatkan kohesivitas siswa yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap pelaksanaan kegiatan dan tahap pengakhiran. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Bimbingan Kelompok KW - Kohesivitas Siswa M1 - skripsi TI - BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOHESIVITAS SISWA SMA N 1 BANGUNTAPAN BANTUL AV - restricted EP - 115 ER -