eprintid: 46343 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12461 dir: disk0/00/04/63/43 datestamp: 2021-11-10 07:41:57 lastmod: 2021-11-10 07:41:57 status_changed: 2021-11-10 07:41:57 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: anik.azizah@uin-suka.ac.id creators_name: Moh Zainollah, NIM.: 14520038 title: PENGARUH PENGHAYATAN AGAMA DALAM BISNIS DI ERA MODERN (STUDI KASUS: BENTO KOPI NOLOGATEN YOGYAKARTA) ispublished: pub subjects: b subjects: s_ag_ag divisions: ag_ag full_text_status: restricted keywords: Penghayatan Agama; Strategi Bisnis; Magi Di Era Modern; Warung Kopi note: Pembimbing: Khairullah Zikri, S.Ag, M.A. S.T.Rel abstract: Melihat perkembangan zaman, banyak orang berlomba-lomba untuk membangun sebuah bisnis, baik yang menengah ke bawah maupun menengah ke atas. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan strategi sebagai rencana awal untuk memperoleh perkembangan kedepannya, di tambah dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, memudahkan para pengusaha untuk memasarkan produkproduk yang dimiliki dalam perusahaannya. Namun, bagaimana jika dikaitkan dengan magi yang mana kebanyakan orang beranggapan bahwa magi tersebut dapat melariskan sebuah bisnis atau usaha yang digelutinya. Hal ini sangat menarik untuk dikaji lebih dalam karena menurut pemahaman peneliti bahwa definisi magi tersebut sangat beragam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan bersifat kualitatif, sementara sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data skunder. Adapun yang dimaksud dengan data primer adalah suatu hasil dari temuan di lapangan, Sedangkan data skundernya adalah data yang merupakan pendukung dari penelitian ini seperti literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Di samping itu, teknik pengumpulan data dapat dibagi menjadi tiga yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya metode analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu metode analisis deskriptif dengan cara membaca, menelaah, dan mempelajari data yang sudah diperoleh di lapangan. Kemudian data-data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini dan dianalisis melalui teori James George Frazer tentang magi. Adapun hasil temuan dari penelitian ini yang mana peneliti melakukan research ke lapangan yang berkaitan dengan rumusan masalah yaitu: 1) Strategi pengembangan marketing yang dilakukan Bento Kopi Nologaten Yogyakarta, yaitu lebih mengandalkan sosial media, hal itu dilakukan karena melihat perkembangan di era modern masyarakat lebih banyak menggunakan sosial media yang kemudian dijadikan sebagai peluang oleh manager Bento Kopi untuk menyewa influencer. Selain dari sosial media, Bento Kopi juga mengandalkan keadaan sekitar, dalam arti bahwa SOP yang dibuatnya benar-benar diterapkan oleh karyawannya. Sedangkan yang ke 2) Pengaruh penghayatan agama terhadap Bento Kopi Nologaten Yogyakarta. Mengingat tradisi zaman dahulu, magi atau dalam istilah Islam yaitu mistik sangat kental dalam kehidupan masyarakat. Namun, seiring perkembangan zaman masyarakat menggunakan magi bukan hanya untuk tolak-balak, melainkan sebagai jalan pintas untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak dalam bisnis yang digelutinya. Sebagaimana Bento Kopi yang konon menggunakan magi sebagai penglaris justru hal itu dibantah oleh manager Bento Kopi, ungkapnya ketika membangun sebuah bisnis justru yang sangat dibutuhkan adalah kerja keras. Sedangkan penggunaan magi yang ada di Bento Kopi yaitu hanya sebagai bentuk taming semata, karena mengingat perkembangan zaman semakin banyak untuk membangun bisnis tentu persaingannya semakin ketat. date: 2021-07-29 date_type: published pages: 105 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Moh Zainollah, NIM.: 14520038 (2021) PENGARUH PENGHAYATAN AGAMA DALAM BISNIS DI ERA MODERN (STUDI KASUS: BENTO KOPI NOLOGATEN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46343/1/14520038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46343/2/14520038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf