TY - THES N1 - Pembimbing : Nailul Falah, S.Ag, M. Si. ID - digilib46413 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46413/ A1 - Ida Ratnasih, NIM.: 17102020086 Y1 - 2021/03/15/ N2 - Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah adanya santri yang masih belum lancar membaca Al-Qur?an, pembenaran mahkhorijul huruf dan yang menurun hafalan Al-Quran nya. Maka kemudian pembimbing memberikan bimbingan kelompok dengan metode takrir agar santri termotivasi dan semangat untuk menghafal Al-Quran. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang tahap-tahap bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur?an dengan metode takrir santri Panti Asuhan Darunnajah Yogyakarta. Penelitian yang dilaksanakan bersifat kualitatif, dan berdasarkan subjek penelitian pertama yaitu pembimbing sekaligus sebagai narasumber penelitian ini yaitu Ustadzah Nur Khasanah. Subjek kedua dengan kriteria santriawati yang berumur 15-17 tahun, mengikuti bimbingan kelompok dan merupakan santri yang menurun hafalan Al-Qur?an. Penulis memilih subjek kedua yaitu 9 orang santriwati dari 93 orang santri. Adapun objek penelitian ini adalah tahap-tahap bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur?an dengan metode takrir santri Panti Asuhan Darunnajah Yogyakarta. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap-tahap bimbingan kelompok di Panti Asuhan Darunnajah Yogyakarta ada tiga tahap, yaitu tahap pembentukan, tahap kegiatan dan tahap pengakhiran PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Bimbingan kelompok KW - Motivasi menghafal Al-Qur?an KW - Metode takrir M1 - skripsi TI - BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR?AN DENGAN METODE TAKRIR SANTRI PANTI ASUHAN DARUNNAJAH YOGYAKARTA AV - restricted EP - 103 ER -