%0 Thesis %9 Skripsi %A Niswatul Kirom, NIM.: 17102030016 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2021 %F digilib:46420 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pandemi Covid-19, Strategi UMKM, Home Industry %P 113 %T STRATEGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19: Studi di Home Industry Makanan Ringan “Cokro” Desa Alasmalang, Banyumas %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46420/ %X Pandemi Covid-19 yang telah menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia memberikan dampak di berbagai sektor. Salah satunya yaitu sektor perekonomian, dimana hampir semua perusahaan mengalami penurunan. Tidak hanya perusahaan, hal ini juga berimbas pada para pekerja informal, seperti UMKM. Home industry “Cokro” sebagai salah satu UMKM yang terkena dampak pandemi Covid-19. Home industry makanan ringan ini menerapkan beberapa strategi untuk mempertahankan usahanya. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi dan dampak dari strategi home industry “Cokro” dalam menghadapi pandemi Covid-19. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik kriteria. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik home industry “Cokro”, karyawan, anggota koperasi BRK, Konsultan PLUT Jateng. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi home industry “Cokro” dalam menghadapi pandemi Covid-19 menggunakan beberapa strategi, antara lain yaitu strategi pasif, strategi aktif dan strategi jaringan. Dampak dari strategi ini ada dua, yaitu meliputi dampak pada aspek sosial ekonomi dan dampak pada aspek sosial budaya %Z Pembimbing : Suyanto, S.Sos., M.Si.