<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "INTERPRETASI TABARRUJ DALAM QS AL-AHZAB 33\r\n(APLIKASI PENDEKATAN MA’NĀ-CUM-MAGHZĀ)"^^ . "Salah satu ajaran yang terdapat dalam al Qur’an adalah tentang larangan\r\nbersikap tabarruj, yakni tentang tata cara berpakaian dan berhias yang terdapat\r\npada Q.S Al-Ahzab ayat 33. Kajian akademis terkait konsep tabarruj sejatinya\r\ntelah banyak dilakukan oleh para ahli tafsir maupun para ahli hukum islam.\r\nKonsep ini pun turut menjadi tema yang marak dijumpai dalam majelis taklim\r\npara pendakwah, baik yang konvesional maupun modern (video dakwah di\r\nberbagai media sosial). Namun baik kajian yang bersifat akademis maupun\r\nmateri dakwah tersebut, lebih banyak menggunakan metode ilmu tafsir ataupun\r\nhukum islam klasik. Salah satu metode yang masih jarang dipakai dalam\r\nmeneliti konsep ini adalah metode ma’nā-cum-maghzā. Hal ini disebabkan\r\nmetode yang memadukan antara keilmuan klasik islam dan hermeneutika\r\nmodern ini relatif baru dalam ranah akademis. Berdasarkan latar belakang\r\ntersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengkaji kembali larangan tabarruj\r\ndalam Q.S Al Ahzab ayat 33 menggunakan metode ma’nā-cum-maghzā dan\r\nmencari relevansinya dengan kondisi kekinian.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang\r\ntergolong sebagai penelitian kualitatif. Sumber primer bagi penelitian ini\r\nadalah Al-Qur’an dan hadis beserta kitab-kitab tafsir yang memuat tafsiran Q.S\r\nAl Ahzab ayat 33. Sedangkan sumber sekunder adalah buku-buku, maupun\r\nartikel ilmiah dan populer yang membahas konsep tabarruj.. Penelitian ini\r\nbersifat deskritif-analitik dengan mendeskripsikan hal-hal yang berkaitan\r\ndengan tabarruj melalui beberapa literatur lalu menganalisisnya tanpa\r\nmengurangi konsep Al-Qur’an shālih li kulli zamān wa makān menggunakan\r\npendekatan ma’nā-cum-maghzā.\r\nDari hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa tabarruj sebagaimana\r\nyang tercantum dalam Q. S Al Ahzab ayat 33 pada awalnya adalah budaya\r\njahiliyah yang ditentang dan dihapuskan dengan kedatangan Islam. Karena\r\nbudaya ini tidak hanya meruntuhkan kehormatan perempuan, melainkan\r\nmenimbulkan budaya eksploitasi kaum lelaki terhadap perempuan. Tabarruj\r\ndalam ma’nā al-tārikhi diartikan sebagai cara berhias, berpakaian, serta\r\nperilaku berlebihan yang mengundang syahwat bagi lawan jenis yang bukan\r\nmahram ataupun dengan tujuan untuk memamerkan kekayaan. Sedangkan\r\nmaghzā al-tārikhi-nya yaitu; Pertama, larangan tabarruj bertujuan untuk\r\nmelindungi kaum muslimah dari bahaya pelecehan yang terjadi dalam\r\nmasyarakat yang tidak kondusif. Kedua, larangan tabarruj bertujuan untuk\r\nmenghindarkan umat islam dari pengaruh buruk tradisi Arab jahiliyah. ketiga,\r\nlarangan tabarruj bertujuan sebagai proses identifikasi kaum muslim di tengah\r\nmasyarakat yang tidak kondusif. Adapun signifikansi dinamis dan relevansi Q.\r\nS Al Ahzab ayat 33 dalam konteks kekinian (maghzā al-āyah) adalah 2 hal\r\nyang saling berkaitan satu sama lain. Yaitu: pertama, anjuran untuk menjaga\r\nkehormatan dan keselamatan kaum perempuan, kedua, serta tuntutan untuk\r\nmenjadi pribadi muslim yang beretika dan berwibawa."^^ . "2021-08-13" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 17105030002"^^ . "Muslih Rifa’i"^^ . "NIM. 17105030002 Muslih Rifa’i"^^ . . . . . . "INTERPRETASI TABARRUJ DALAM QS AL-AHZAB 33\r\n(APLIKASI PENDEKATAN MA’NĀ-CUM-MAGHZĀ) (Text)"^^ . . . . . "17105030002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "INTERPRETASI TABARRUJ DALAM QS AL-AHZAB 33\r\n(APLIKASI PENDEKATAN MA’NĀ-CUM-MAGHZĀ) (Text)"^^ . . . . . "INTERPRETASI TABARRUJ DALAM QS AL-AHZAB 33\r\n(APLIKASI PENDEKATAN MA’NĀ-CUM-MAGHZĀ) (Other)"^^ . . . . . . "INTERPRETASI TABARRUJ DALAM QS AL-AHZAB 33\r\n(APLIKASI PENDEKATAN MA’NĀ-CUM-MAGHZĀ) (Other)"^^ . . . . . . "INTERPRETASI TABARRUJ DALAM QS AL-AHZAB 33\r\n(APLIKASI PENDEKATAN MA’NĀ-CUM-MAGHZĀ) (Other)"^^ . . . . . . "INTERPRETASI TABARRUJ DALAM QS AL-AHZAB 33\r\n(APLIKASI PENDEKATAN MA’NĀ-CUM-MAGHZĀ) (Other)"^^ . . . . . . "INTERPRETASI TABARRUJ DALAM QS AL-AHZAB 33\r\n(APLIKASI PENDEKATAN MA’NĀ-CUM-MAGHZĀ) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "INTERPRETASI TABARRUJ DALAM QS AL-AHZAB 33\r\n(APLIKASI PENDEKATAN MA’NĀ-CUM-MAGHZĀ) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "INTERPRETASI TABARRUJ DALAM QS AL-AHZAB 33\r\n(APLIKASI PENDEKATAN MA’NĀ-CUM-MAGHZĀ) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "INTERPRETASI TABARRUJ DALAM QS AL-AHZAB 33\r\n(APLIKASI PENDEKATAN MA’NĀ-CUM-MAGHZĀ) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #46465 \n\nINTERPRETASI TABARRUJ DALAM QS AL-AHZAB 33 \n(APLIKASI PENDEKATAN MA’NĀ-CUM-MAGHZĀ)\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Alqur’an dan Tafsir " . .