TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. Ridwan, S.Ag, M.Hum ID - digilib46488 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46488/ A1 - Riqqotul Yumna, NIM.: 17201010018 Y1 - 2021/08/27/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek ekologis manusia, hewan dan tumbuhan dalam Al-Qur?an. Dalam berbagai bidang, manusia cenderung mengadopsi pandangan antroposentris, tidak terkecuali dalam kajian sastra. Dalam kajian ekokritik, sangat dibutuhkan karya sastra yang menjadikan alam sebagai subjek dan pokok pembahasan, tidak hanya sebagai latar dan objek figuratif. Terdapat dua rumusan masalah yang diangkat dalam tesis ini, yaitu: (1) bagaimana penggambaran manusia, hewan dan tumbuhan dalam Al-Qur?an? Dan (2) bagaimana hubungan paradigma nature-culture-nurture manusia, hewan dan tumbuhan dalam Al-Qur?an? Penelitian ini berjenis library research dengan menggunakan metode penelitian deskriptif interpretatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan ekokritik dengan paradigma nature-culture-nurture. Metode penelitian deskriptif interpretatif digunakan untuk mencari data dari sumber dengan jalan menginterpretasikan data dan mendespkripsikannya. Pendekatan ekokritik digunakan untuk mengaitkan dan menjelaskan hubungan antara alam, budaya dan pelestarian. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) bahwa hewan dan tumbuhan sederajat dengan manusia sebagai hamba, dan hewan dan tumbuhan bukanlah makhluk yang lebih rendah dari manusia. (2) berkaitan dengan hubungan paradigma nature-culture-nurture, terdapat tiga kesimpulan yang diambil, yakni larangan penghalalan hewan tertentu memiliki hubungan dengan cara kematian hewan yang terbebas dari tindak kekerasan, larangan pengharaman hewan tertentu memiliki hubungan dengan penghindaran tabdhi>r, dan keutamaan hasil panen memiliki hubungan dengan penyeimbangan konsumsi. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Ekokritik KW - Ekokritik Al-Qur?an KW - Ekokritik Manusia KW - Hewan dan Tumbuhan M1 - masters TI - MANUSIA, HEWAN DAN TUMBUHAN DALAM AL-QUR?AN (KAJIAN EKOKRITIK) AV - restricted EP - 131 ER -