%A NIM. 17105030033 ZULAIKHA FAJROTUL HAQ %O Pandemi, Covid-19, Pembelajaran Al-Qur’an, Tahfidz Al-Qur’an. %T PENGARUH COVID-19 TERHADAP PEMBELAJARAN AL-QUR’AN: STUDI KASUS RTA UTSMANI YOGYAKARTA %X Hadirnya pandemi Covid-19 di Indonesia berdampak pada berbagai sektor dan mengakibatkan banyak aktivitas terbengkalai, termasuk aktivitas menghafal Al-Qur’an di pondok pesantren. Penelitian ini menggali aktivitas hafalan di masa new normal, khususnya di RTA Utsmani Yogyakarta. Tulisan ini akan menjelaskan pengaruh Covid-19 terhadap pembelajaran Al-Qur’an di RTA Utsmani Yogyakarta. Penelitian ini diharapkan dapat menambah khazanah keilmuan di bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teori studi kasus oleh Prof. Dr. Robert K.Yin. Di samping itu juga menggunakan teori yang dikembangkan oleh Muhibbin Syah tentang faktor-faktor yang mempengaruhi belajar. Kedua teori perlu ini digunakan karena penelitian ini berkaitan dengan studi kasus di bidang pendidikan guna menjadi pisau analisis di dalam memahami kasus ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pelaksanaan Tahfidz Al-Qur’an di RTA Utsmani Yogyakarta dilakukan secara kondisional. Bagi cabang yang dapat melakukan secara daring dahulu, mereka melakukannya secara daring. Berlaku bagi RTA Utsmani Akhwat Pusat dan RTA Utsmani Akhwat Cabang Gamping. Sedangkan bagi cabang yang memiliki kapasitas lebih, melakukannya secara luring sepenuhnya, seperti RTA Utsmani Ikhwan Gamping dan RTA Utsmani Akhwat Cabang Tempel. Secara umum, pandemi Covid-19 berpengaruh pada aktivitas harian santri. Akan tetapi, tidak serta merta mengganggu kualitas dan kuantitas hafalan santri. Berdasar para informan, berpengaruh tidaknya pandemi kembali pada pribadi masing-masing. Ada yang merasa berpengaruh karena kualitas halaqah saat daring berbeda dengan saat luring. Dari segi sinyal, waktu halaqah, fokus yang terbagi, dan kendala lainnya yang berasal dari faktor internal. %K Ali Imran, S.Th.I., M.S.I. %D 2021 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib46495