TY - THES N1 - Pembimbing : Dra. Hj. Evi Septiani Tavip Hayati, M.Si ID - digilib46575 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46575/ A1 - Khoirina Nur Auliya, NIM.: 17102010028 Y1 - 2021/08/13/ N2 - Konstruksi perempuan berhijab merukan penggambaran sosok perempuan berhijab yang ditampilkan kepada publik. Konstruksi seringkali dipakai dalam dunia penyiaran, salah satunya adalah iklan. Produser pembuat iklan melakukan sebuah konstruksi dalam proses pembuatan iklan, sebelum iklan tersebut ditayangkan ke hadapan publik dengan tujuan agar penggambaran yang sampai kepada publik sesuai dengan keinginan produsen iklan. Konstruksi iklan terjadi melalui lima tahapan penting yang juga dilalui oleh iklan Shampo Rejoice Hijab 3 in 1 versi ?Tetap Istiqomah, Bersama Rejoice Hijab 3in1 buat kamu #Hijabisa?, yaitu tahap persiapan materi konstruksi, tahap sebaran konstruksi, tahap pembentukan konstruksi realitas, tahap konfirmasi, dan tahap keputusan konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana konstruksi iklan tentang perempuan berhijab dalam iklan Shampo Rejoice Hijab 3 in 1 versi ?Tetap Istiqomah, Bersama Rejoice Hijab 3in1 buat kamu #Hijabisa? dengan cara mengidentifikasi tanda-tanda yang muncul berdasarkan ikon, indeks, simbol dan memberikan pemaknaan atas tanda-tanda tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualiatif dengan memakai pendekatan semotika Charles Sander Peirce, dengan iklan Shampo Rejoice Hijab 3 in 1 versi ?Tetap Istiqomah, Bersama Rejoice Hijab 3in1 buat kamu #Hijabisa? sebagai data utamanya. Setelah dilakukan analisis, dapat diambil kesimpulan bahwa dalam iklan ini perempuan berhijab digambarkan sebagai perempuan berhijab yang istiqomah menutup aurat, perempuan berhijab yang mampu menahan amarah, perempuan berhijab yang mudah memaafkan, dan perempuan berhijab yang energik dan kekinian. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Konstruksi Iklan KW - Konstruksi Perempun Berhijab KW - Iklan Shampo Berhijab. M1 - skripsi TI - KONSTRUKSI IKLAN TENTANG PEREMPUAN BERHIJAB DALAM IKLAN SHAMPO (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE TERHADAP IKLAN SHAMPO REJOICE HIJAB 3 IN 1) AV - restricted EP - 153 ER -