eprintid: 46575 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/65/75 datestamp: 2021-11-11 03:47:26 lastmod: 2021-11-11 03:47:26 status_changed: 2021-11-11 03:47:26 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Khoirina Nur Auliya, NIM.: 17102010028 title: KONSTRUKSI IKLAN TENTANG PEREMPUAN BERHIJAB DALAM IKLAN SHAMPO (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE TERHADAP IKLAN SHAMPO REJOICE HIJAB 3 IN 1) ispublished: pub subjects: PA subjects: hij_ab divisions: jur_kpi full_text_status: restricted keywords: Konstruksi Iklan, Konstruksi Perempun Berhijab, Iklan Shampo Berhijab. note: Pembimbing : Dra. Hj. Evi Septiani Tavip Hayati, M.Si abstract: Konstruksi perempuan berhijab merukan penggambaran sosok perempuan berhijab yang ditampilkan kepada publik. Konstruksi seringkali dipakai dalam dunia penyiaran, salah satunya adalah iklan. Produser pembuat iklan melakukan sebuah konstruksi dalam proses pembuatan iklan, sebelum iklan tersebut ditayangkan ke hadapan publik dengan tujuan agar penggambaran yang sampai kepada publik sesuai dengan keinginan produsen iklan. Konstruksi iklan terjadi melalui lima tahapan penting yang juga dilalui oleh iklan Shampo Rejoice Hijab 3 in 1 versi “Tetap Istiqomah, Bersama Rejoice Hijab 3in1 buat kamu #Hijabisa”, yaitu tahap persiapan materi konstruksi, tahap sebaran konstruksi, tahap pembentukan konstruksi realitas, tahap konfirmasi, dan tahap keputusan konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana konstruksi iklan tentang perempuan berhijab dalam iklan Shampo Rejoice Hijab 3 in 1 versi “Tetap Istiqomah, Bersama Rejoice Hijab 3in1 buat kamu #Hijabisa” dengan cara mengidentifikasi tanda-tanda yang muncul berdasarkan ikon, indeks, simbol dan memberikan pemaknaan atas tanda-tanda tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualiatif dengan memakai pendekatan semotika Charles Sander Peirce, dengan iklan Shampo Rejoice Hijab 3 in 1 versi “Tetap Istiqomah, Bersama Rejoice Hijab 3in1 buat kamu #Hijabisa” sebagai data utamanya. Setelah dilakukan analisis, dapat diambil kesimpulan bahwa dalam iklan ini perempuan berhijab digambarkan sebagai perempuan berhijab yang istiqomah menutup aurat, perempuan berhijab yang mampu menahan amarah, perempuan berhijab yang mudah memaafkan, dan perempuan berhijab yang energik dan kekinian. date: 2021-08-13 date_type: published pages: 153 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Khoirina Nur Auliya, NIM.: 17102010028 (2021) KONSTRUKSI IKLAN TENTANG PEREMPUAN BERHIJAB DALAM IKLAN SHAMPO (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE TERHADAP IKLAN SHAMPO REJOICE HIJAB 3 IN 1). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46575/1/17102010028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46575/2/17102010028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf