%0 Thesis %9 Skripsi %A Khairunnawa Rizka Br Ginting, NIM.: 17102020031 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2021 %F digilib:46594 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pembelajaran Melalui Sistem Daring, Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Siswa SMP, Pandemi Covid-19. %P 129 %T PENGARUH PEMBELAJARAN MELALUI SISTEM DARING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA DITENGAH PANDEMI COVID-19 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46594/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran melalui sistem daring terhadap kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta, pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta dan pengaruh pembelajaran melalui sistem daring dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitiatif. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta yang saat ini sedang mengikuti proses pembelajaran melalui sistem daring. Metode analisis yang digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dalam penelitian mengunakan uji Kolmogrov-Smirnov. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran melalui sistem daring tidak berpengaruh dan tidak signifikan secara parsial terhadap kemandirian belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0.729 > 0.05, 2) Motivasi belajar memberikan pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kemandirian belajar dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, 3) Pembelajaran melalui sistem daring dan motivasi belajar memberikan pengaruh positif dan signifkan secara simultan terhadap kemandirian belajar dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Koefisien determinasi (nilai R Square) sebesar 0.477 juga menunjukkan bahwa variasi pembelajaran melalui sistem daring dan motivasi belajar menentukan variasi kemandirian belajar sebesar 47.7%. Hal ini berarti bahwa semakin meningkat pembelajaran melalui sistem daring dan motivasi belajar maka semakin meningkatkan kemandirian belajar begitu juga sebaliknya. %Z Pembimbing : Citra Widyastuti, M.Psi