%0 Thesis %9 Skripsi %A Meidy Via Ruflyani, NIM.: 17102030080 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2021 %F digilib:46601 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Strategi Pemanfaatan, Digital Marketing Facebook, UMKM. %P 125 %T STRATEGI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING MELALUI FACEBOOK BAGI UMKM DI MASA PANDEMI: STUDI KASUS WM ANGKRINGAN ALA MAMIH DI DESA BUMI MEKAR JAYA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46601/ %X Masa pandemi virus Covid-19 memiliki kebijakan Social Distancing sehingga terjadinya pengurangan aktivitas masyarakat di luar rumah. Hal ini memberikan ancaman pada sektor perekonomian, salah satunya yakni para pelaku UMKM. Pelaku UMKM salah satu peran penyokong dalam perkonomian di Indonesia khususnya masyarakat golongan ke bawah dan menengah. Dampak yang dirasakan oleh para pelaku UMKM bukan hanya pada aspek proses produksi saja namun turunnya pendapatan. Sehingga perlu adanya strategi pemasaran dalam mempertahankan dan mengembangkan pendapatan pelaku UMKM dikhususkan pada UMKM WM Angkringan Ala Mamih melalui pemanfaatan digital marketing media sosial facebook, sebagai strategi yang dicapai dalam kemajuan inovasi baru dalam memulihkan pendapatan bulanan di masa pandemi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam Pengembangan UMKM WM Angkringan Ala Mamih melalui media sosial Facebook di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, untuk menganalisis data menggunakan teori milik Neil Borden yaitu marketing mix 4P yang terdiri dari Product (produk), Price (Harga) Promotion (promosi), Place (tempat) dan juga teori Perilaku Produksi milik M. Aminul. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai bukti telah melakukan penelitian di lapangan. Data yang terkumpul kemudian di validasi menggunakan teknik triangulasi, dan menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemanfaatan digital marketing mampu menjadi solusi yang tepatbagi UMKM WM Ala Mamih menggunakan Aplikasi Facebook pada saat pandemi adapun strategi yang digunakan yakni Menjaga kualitas makanan menggnakan cara “Fresh Food”, Memberikan Potongan Harga Menarik, Memposting Menu Yang Ready, Memfasilitasi Antar Jemput Produk Dengan Layanan “Free Delivery”. Adapun hasil strategi yang dirasakan oleh pelaku UMKM WM Ala Mamih yakni Konsumen merasa puas dengan adanya penerapan solusi strategi tersebut, berhasil menarik para konsumen, Menaiknya Pendapatan Perbulan, Menghemat Waktu dan Mematuhi Kebijakan Social Distancing. Strategi digital marketing melalui Facebook ini memberikan hasil kepuasan pelanggan dalam memanfaatkan digital marketing facebook sebagai akses transaksi jual beli produk makanan dari UMKM WM Ala Mamih di masa Pandemi Covid-19. %Z Pembimbing : Siti Aminah S.Sos.I.M.Si