eprintid: 46655 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/66/55 datestamp: 2021-11-15 04:06:12 lastmod: 2021-11-15 04:06:12 status_changed: 2021-11-15 04:06:12 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Itsna Rahmah Nurdiani, NIM.: 17102050059 title: ENGAGEMENT KOMUNITAS SEKOLAH MARJINAL DI PERKAMPUNGAN PEMULUNG, KLEDOKAN, DEPOK, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pdk subjects: sg divisions: jur_iks full_text_status: restricted keywords: Engagement, Komunitas Mengajar, Komunitas Sosial, Pemulung, Marjinal. note: Pembimbing : Noorkamilah, S.Ag., M.Si. abstract: Pemulung sering kali dianggap sebagai kelompok kelas rendah yang miskin, serta dianggap memiliki pendidikan rendah yang membuat mereka memiliki stereotipe bodoh dan terbelakang. Di Yogyakarta terdapat Komunitas Sekolah Marjinal (KSM) yang berdiri sejak 10 November 2019 bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan memberikan pendidikan gratis kepada anak-anak yang termarjinalkan. Tentunya, proses engagement yang dilakukan sangat mempengaruhi hasil yang akan didapatkan KSM dalam menjalankan programnya. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan metode yang digunakan KSM dalam melakukan kegiatan engagement dengan warga perkampungan pemulung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian yaitu seseorang yang berhubungan langsung dengan KSM meliputi Relawan, Pengurus, Founder dari Komunitas Sekolah Marjinal, Wali Murid, Siswa-Siswi dari Sekolah Marjinal. Sedangkan objek penelitian peneliti meliputi engagement yang dilakukan KSM dengan warga pemulung Kledokan di Perkampungan Pemulung Kledokan. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumen. Dalam pengujian data menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian terkait engagement yang dilakukan KSM dengan Warga Perkampungan Pemulung Kledokan yaitu: pada tahap Receptivity KSM sangat minim antusias dan dukungan dari Warga Kledokan, dalam membangun trust KSM melakukan pendekatan secara kontinu selain itu KSM juga aktif dalam mengadakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan Warga Kledokan. Selanjutnya, pada tahap ecxpectancy KSM melakukan treatment secara emosional, kultural, dan persuasif. Selanjutnya, pada tahap investasi KSM melibatkan Warga Kledokan dalam struktur kepengurusan Sekolah Marjinal. Terakhir, pada tahap Working Relationship komunikasi yang dilakukan KSM yaitu Komunikasi Persuasif, mengajak dan membujuk dengan cara yang halus. Adapun penemuan bahwa Proses engagement KSM dalam membangun kepercayaan terus dilakukan meski proses perubahan (kegiatan intervensi) sedang berlangsung. date: 2021-08-13 date_type: published pages: 143 institution: SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Itsna Rahmah Nurdiani, NIM.: 17102050059 (2021) ENGAGEMENT KOMUNITAS SEKOLAH MARJINAL DI PERKAMPUNGAN PEMULUNG, KLEDOKAN, DEPOK, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46655/1/17102050059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46655/2/17102050059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf