eprintid: 46679 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 13116 dir: disk0/00/04/66/79 datestamp: 2021-12-06 02:38:34 lastmod: 2021-12-06 02:38:34 status_changed: 2021-12-06 02:38:34 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchtinurhidayaah@gmail.com creators_name: Rizkia Annisa Fitri, NIM.: 17107020043 title: STRATEGI PEDAGANG LANTAI ATAS SENTRA BELANJA NANJUNG SARI PANGANDARAN PASCA RELOKASI ispublished: pub subjects: eko_uang subjects: sos_inter subjects: sosio divisions: jur_sos full_text_status: restricted keywords: Relokasi Pedagang; Rasionalitas; Strategi. note: Pembimbing : Dr. Napsiah, S.Sos., M.Si abstract: Dalam rangka mewujudkan Pangandaran sebagai tujuan wisata dunia, maka pemerintah Kabupaten Pangandaran melakukan perbaikan diseluruh sektor pendukung pariwisata. Relokasipun dilaksanakan guna mendukung keberhasilan pengembangan dalam upaya pengelolaan pariwisata. Diantaranya sektor ekonomi, yakni merelokasi pedagang pinggiran pantai ke Sentra Belanja yang telah dibangun pada tahun 2017. Permasalahan timbul setelah penempatan dan adaptasi pedagang di Sentra Belanja Nanjung Sari yang tidak berjalan lama disebabkan oleh kurangnya minat belanja wisatawan untuk naik ke lantai atas, jenis dagangan yang serupa di dua lantai, struktur bangunan yang kurang memenuhi standarisasi, adanya kepentingan-kepentingan tersendiri dalam proyek relokasi, dan jumlah kios yang over fasilitas. Berbagai cara telah dilakukan pedagang, sehingga daripada menanggung kerugian yang lebih banyak, pedagang lantai atas mengosongkan kiosnya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang digunakan pedagang lantai atas sentra belanja Nanjung Sari dalam mengatasi permasalahan ekonomi dan kehidupan sosialnya pasca relokasi. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu Tindakan Rasionalitas Max Webber. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan subjek penelitian ini adalah pihak pelaksana dan penerima kebijakan. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pedagang lantai atas sentra belanja nanjung sari mampu mengatasi keadaan perekonomiannya dengan cara melakukan strategi baru. Yakni diantaranya menjadi pedagang keliling, menempati area parkir sentra belanja, menyewa tempat baru, beralih profesi, beralih jenis dagangan, serta memanfaatkan media sosial dan marketplace sebagai tempat untuk mempromosikan dagangan. Selain dari adanya strategi baru, dalam keadaan tersebut rasa kemanusiaan yang berwujud solidaritas dari sesama pedagang terhadap kondisi sosial pedagang lantai atas tetap berjalan. Hal tersebut dibuktikan dengan negosiasi yang telah diajukan oleh kelompok pedagang kepada pemerintah disepakati dengan adanya peraturan sementara yaitu para pedagang terdampak diperbolehkan menempati area parkir sekitar Sentra Belanja Nanjung Sari. date: 2021-08-20 date_type: published pages: 133 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Rizkia Annisa Fitri, NIM.: 17107020043 (2021) STRATEGI PEDAGANG LANTAI ATAS SENTRA BELANJA NANJUNG SARI PANGANDARAN PASCA RELOKASI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46679/1/17107020043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46679/2/17107020043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf