@phdthesis{digilib46698, month = {August}, title = {ACADEMIC BURNOUT DITINJAU DARI RESILIENSI AKADEMIK DAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI ?X? DI PALIYAN SELAMA PEMBELAJARAN DARING}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 17107010132 Diah Ayu Alfiyani}, year = {2021}, note = {Pembimbing: Lisnawati, S.Psi., M.Psi., Psikolog}, keywords = {Academic Burnout; Motivasi Belajar; Pembelajaran Daring; Resiliensi Akademik}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46698/}, abstract = {Pandemi Covid-19 mengharuskan kegiatan belajar mengajar di Indonesia menggunakan metode pembelajaran daring yang menimbulkan berbagai permasalahan termasuk academic burnout. Berdasarkan teori dan hasil penelitian, resiliensi akademik dan motivasi belajar merupakan sumber daya yang penting agar terhindar dari academic burnout. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara resiliensi akademik dan motivasi belajar dengan academic burnout pada subjek selama pembelajaran daring. Pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri ?X? di Paliyan tahun ajaran 2020/2021 yang sedang menjalani pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 128 siswa yang diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Data dikumpulkan menggunakan Skala Academic Burnout dengan koefisien alpha sebesar 0,896, Skala Resiliensi Akademik dengan koefisien alpha sebesar 0,890, dan Skala Motivasi Belajar dengan koefisien alpha sebesar 0,907. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara resiliensi akademik dan motivasi belajar terhadap academic burnout pada siswa SMP selama pembelajaran daring. Selain itu ditemukan hubungan negatif signifikan antara resiliensi akademik dan academic burnout serta hubungan negatif signifikan antara motivasi belajar dan academic burnout. Sumbangan efektif resiliensi akademik dan motivasi belajar terhadap academic burnout sebesar 65,3\%, resiliensi akademik terhadap academic burnout sebesar 64,7\%, dan motivasi belajar terhadap academic burnout sebesar 44,3\%.} }