%A NIM.: 17102040077 Muhammad Jimliy Ash-shiddiqiy Zaro
%O Pembimbing : Aris Risdiana, S.Sos.I., MM
%T STRATEGI PELAYANAN PRIMA DI PT. ARWANIYYAH TOUR &
TRAVEL KUDUS TAHUN 2019
%X Semakin meningkatnya jamaah umrah Indonesia setiap tahunnya membuat
semakin banyak bermunculan biro travel umrah atau PPIU. Banyaknya biro travel
umrah menimbulkan persaingan antara perusahaan satu dengan lainnya untuk
mendapatkan jamaah umrah. Biro travel umrah atau PPIU harus memberikan
pelayanan prima agar menciptakan kepuasan bagi jamaah umrah. Strategi
pemberian pelayanan yang tepat akan dapat menarik calon jamaah umrah serta
memberi kepuasan terhadap jamaah umrah. Sehingga, perlu diketahui bagaimana
strategi yang diterapkan oleh PT. Arwaniyyah Tour & Travel Kudus dalam
melayani jamaah umrah agar tercipta pelayanan prima sesuai dengan visi, misi
perusahaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep pelayanan
prima dan analisis SWOT. 
Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah Bagaimana Strategi Pelayanan Prima di PT. Arwaniyyah Tour & Travel
Kudus Tahun 2019?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
strategi pelayanan prima di PT. Arwaniyyah Tour & Travel Kudus Tahun 2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui metode
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian
dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi
sumber. 
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Arwaniyyah Tour & Travel
Kudus menerapkan pelayanan prima dengan baik. PT. Arwaniyyah Tour & Travel
Kudus menerapkan 6 konsep pelayanan prima, yaitu Ability (kemampuan), Attitude
(sikap), Appearance (penampilan), Attention (perhatian), Action (tindakan), dan
Accountability (tanggung jawab). Strategi yang diterapkan oleh PT. Arwaniyyah
Tour & Travel adalah strategi SO. Strategi SO membuat PT. Arwaniyyah Tour &
Travel Kudus dapat memanfaatkan kekuatan yang dimiliki untuk mendapatkan
peluang yang sebesar-besarnya. PT. Arwaniyyah Tour & Travel Kudus menerapkan
strategi dengan memanfaatkan keunggulan yang dimiliki yaitu dalam hal
kemampuan karyawan, pendampingan ibadah umrah, serta pelayanan maksimal
dari karyawan kepada jamaah umrah.
%K Strategi Pelayanan Prima,PT. Arwaniyyah Tour & Travel Kudus
%D 2021
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%L digilib46818