%A NIM.: 17102040077 Muhammad Jimliy Ash-shiddiqiy Zaro %O Pembimbing : Aris Risdiana, S.Sos.I., MM %T STRATEGI PELAYANAN PRIMA DI PT. ARWANIYYAH TOUR & TRAVEL KUDUS TAHUN 2019 %X Semakin meningkatnya jamaah umrah Indonesia setiap tahunnya membuat semakin banyak bermunculan biro travel umrah atau PPIU. Banyaknya biro travel umrah menimbulkan persaingan antara perusahaan satu dengan lainnya untuk mendapatkan jamaah umrah. Biro travel umrah atau PPIU harus memberikan pelayanan prima agar menciptakan kepuasan bagi jamaah umrah. Strategi pemberian pelayanan yang tepat akan dapat menarik calon jamaah umrah serta memberi kepuasan terhadap jamaah umrah. Sehingga, perlu diketahui bagaimana strategi yang diterapkan oleh PT. Arwaniyyah Tour & Travel Kudus dalam melayani jamaah umrah agar tercipta pelayanan prima sesuai dengan visi, misi perusahaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep pelayanan prima dan analisis SWOT. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Strategi Pelayanan Prima di PT. Arwaniyyah Tour & Travel Kudus Tahun 2019?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pelayanan prima di PT. Arwaniyyah Tour & Travel Kudus Tahun 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Arwaniyyah Tour & Travel Kudus menerapkan pelayanan prima dengan baik. PT. Arwaniyyah Tour & Travel Kudus menerapkan 6 konsep pelayanan prima, yaitu Ability (kemampuan), Attitude (sikap), Appearance (penampilan), Attention (perhatian), Action (tindakan), dan Accountability (tanggung jawab). Strategi yang diterapkan oleh PT. Arwaniyyah Tour & Travel adalah strategi SO. Strategi SO membuat PT. Arwaniyyah Tour & Travel Kudus dapat memanfaatkan kekuatan yang dimiliki untuk mendapatkan peluang yang sebesar-besarnya. PT. Arwaniyyah Tour & Travel Kudus menerapkan strategi dengan memanfaatkan keunggulan yang dimiliki yaitu dalam hal kemampuan karyawan, pendampingan ibadah umrah, serta pelayanan maksimal dari karyawan kepada jamaah umrah. %K Strategi Pelayanan Prima,PT. Arwaniyyah Tour & Travel Kudus %D 2021 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib46818