eprintid: 46818
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 12316
dir: disk0/00/04/68/18
datestamp: 2021-11-17 02:06:31
lastmod: 2021-11-17 02:06:31
status_changed: 2021-11-17 02:06:31
type: thesis
metadata_visibility: show
contact_email: lib@uin-suka.ac.id
creators_name: Muhammad Jimliy Ash-shiddiqiy Zaro, NIM.: 17102040077
title: STRATEGI PELAYANAN PRIMA DI PT. ARWANIYYAH TOUR &
TRAVEL KUDUS TAHUN 2019
ispublished: pub
subjects: M
divisions: jur_md
full_text_status: restricted
keywords: Strategi Pelayanan Prima,PT. Arwaniyyah Tour & Travel Kudus
note: Pembimbing : Aris Risdiana, S.Sos.I., MM
abstract: Semakin meningkatnya jamaah umrah Indonesia setiap tahunnya membuat
semakin banyak bermunculan biro travel umrah atau PPIU. Banyaknya biro travel
umrah menimbulkan persaingan antara perusahaan satu dengan lainnya untuk
mendapatkan jamaah umrah. Biro travel umrah atau PPIU harus memberikan
pelayanan prima agar menciptakan kepuasan bagi jamaah umrah. Strategi
pemberian pelayanan yang tepat akan dapat menarik calon jamaah umrah serta
memberi kepuasan terhadap jamaah umrah. Sehingga, perlu diketahui bagaimana
strategi yang diterapkan oleh PT. Arwaniyyah Tour & Travel Kudus dalam
melayani jamaah umrah agar tercipta pelayanan prima sesuai dengan visi, misi
perusahaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep pelayanan
prima dan analisis SWOT. 
Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah Bagaimana Strategi Pelayanan Prima di PT. Arwaniyyah Tour & Travel
Kudus Tahun 2019?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
strategi pelayanan prima di PT. Arwaniyyah Tour & Travel Kudus Tahun 2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui metode
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian
dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi
sumber. 
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Arwaniyyah Tour & Travel
Kudus menerapkan pelayanan prima dengan baik. PT. Arwaniyyah Tour & Travel
Kudus menerapkan 6 konsep pelayanan prima, yaitu Ability (kemampuan), Attitude
(sikap), Appearance (penampilan), Attention (perhatian), Action (tindakan), dan
Accountability (tanggung jawab). Strategi yang diterapkan oleh PT. Arwaniyyah
Tour & Travel adalah strategi SO. Strategi SO membuat PT. Arwaniyyah Tour &
Travel Kudus dapat memanfaatkan kekuatan yang dimiliki untuk mendapatkan
peluang yang sebesar-besarnya. PT. Arwaniyyah Tour & Travel Kudus menerapkan
strategi dengan memanfaatkan keunggulan yang dimiliki yaitu dalam hal
kemampuan karyawan, pendampingan ibadah umrah, serta pelayanan maksimal
dari karyawan kepada jamaah umrah.
date: 2021-02-22
date_type: published
pages: 155
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   Muhammad Jimliy Ash-shiddiqiy Zaro, NIM.: 17102040077  (2021) STRATEGI PELAYANAN PRIMA DI PT. ARWANIYYAH TOUR & TRAVEL KUDUS TAHUN 2019.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46818/1/17102040077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46818/2/17102040077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf