@phdthesis{digilib46947, title = {PENGEMBANGAN SUMBER DAYA PELAJAR DALAM IKATAN REMAJA MUHAMMADIYAH}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 00230344 Siti Hadijah}, year = {2005}, note = {. Pembimbing : Drs. Afif Rifa'i. Msi,}, keywords = {Pengembangan Sumber Daya Pelajar, Ikatan Remaja Muhammadiyah}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46947/}, abstract = {Bentuk program atau. jenis kegiatan dalam Ikatan Remaja Muhammadiyah SMA Muhammadiyah 2 pada setiap tahun berubah-ubah, ketika program itu sudah baku maka diganti dengan yang baru dan sesuai dengan kreatifitas siswaa. Dan secara makro jenis kegiatan yang dipilih atau ditentukan oleh masing-masing bidang terlaksana, namun jika program tersebut tidak terlaksana maka itu disebabkan oleh situasi, kondisi dan waktu selringga program itu dapat dilaksanakan dilain hari atau diganti denganjenis kegiatan yang lain.2. Dalam penggunaan matode pengembangan. IRM SMA Muhammadiyah 2 menggunakan metode yang sesuai dengan kegiatan, sehingga kegiatannya terns berkembang; dan metodepun dibicarakan dengan siswa. Sehinga pembina lebih memberikan kekeluasan kepada siswa untuk berkreaatif, dari adanya ? tanggung jawab itu siswa berusa untuk meningkatkan usahanya. 3. Dan metode yang dipakai disesuakan dengan kebutuhan s1swa dan kesesuaian dengan program kerja seperti: metode ceramah, metode diskusi, metode demontrasi, metode percakapan antar pribadi, dan pembina menggunakan pendekatan andragogi 4. Keberhasilan JRM dalam pengembangan swnber daya pelajar dari dalam diri siswa dapat dilihat dari bentuk: syiar, berakhlak mulia, terbentuknya kreatifitas, clan disiplin diri. 5. Dan keberhasilan IRM dalam pengembangan sumber daya pelajar dilihat dari luar siswa dapat dilihat dari: Terlaksananya program, kesesuaian rencana program dengan pelaksanaan program dan terlibatnya siswa dalam kegiatan program 4. Keberhasilan JRM dalam pengembangan swnber daya pelajar dari dalam diri siswa dapat dilihat dari bentuk: syiar, berakhlak mulia, terbentuknya kreatifitas, clan disiplin diri. 5. Dan keberhasilan IRM dalam pengembangan sumber daya pelajar dilihat dari luar siswa dapat dilihat dari: Terlaksananya program, kesesuaian rencana program dengan pelaksanaan program dan terlibatnya siswa dalam kegiatan program Dengan demikian dapatlah ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan program pengembangan swnber daya pelajar yang dilakukan oleh SMA Muhairunadiyah 2 Y ogyakarta telah berhasil, walaupW1 itu masih ada beberapa bagian yang sekiranya hams ditingkatkan dan diperbaiki.} }