eprintid: 47019 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/70/19 datestamp: 2021-11-19 04:06:20 lastmod: 2021-11-19 04:06:20 status_changed: 2021-11-19 04:06:20 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Annas, NIM.: 17200010089 title: PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING TERHADAP SELF EFFICACY SANTRI PAPP KHODIJAH ispublished: pub subjects: BA divisions: bim_kon full_text_status: restricted keywords: Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling, Self Efficacy. note: Pembimbing : Dr. Erika Setyanti Kusumaputri, S. Psi., M. Si abstract: Self-efficacy sangat berperan penting bagi individu, terutama dalam Proses pembelajaran bahkan menjadi salah satu kunci terhadap prestasi individu. Individu dalam keadaan tertentu seringkali merasa tidak mampu menunjukkan prestasi akademiknya secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Mereka sering merasa tidak yakin bahwa dirinya akan mampu menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan kepadanya. Bimbingan kelompk dengan teknik modelling sebagai pendekatan yang ditawarkan untuk meningkatkan self efficacy siswa khususnya santri SMP-SMA PAPP Khodijah solusi bagi santri agar yakin dengan kemampuan yang mereka miliki, sehingga memiliki motivasi dan bisa beradaptasi dengan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui adakah pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling Terhadap Self Efficacy santri di PAPP Khodijah. Metode penelitian menggunakan Quasi experiment one group pre-test dan post-test design yang melibatkan 10 santri SMP-SMA PAPP Khodijah yang dipilih melalui purposive sampling berdasarkan nilai dari self efficacy kategori rendah dan sedang. Analisis data menggunakan uji Paired Sample T-Test. Berdasarkan hasil nilai signifikansi antara pre-test dan post-test santri bahwa t hitung nilainya sebesar - 6.474. T hitung yang nilainya negatif ini disebabkan karena nilai rata-rata dari hasil Pre-test lebih rendah dari nilai rata-rata hasil Post-test. Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan tingkat self efficacy santri dari sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Selain itu nilai mean (rata-rata) sebelum diberikan perlakuan sebesar 121.20 menjadi 146.20 setelah diberikan perlakuan. Melalui hasil tersebut dapat dikatakan bahwa Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling dapat meningkatkan self efficacy santri PAPP Khodijah Sleman. Demikian hipotesis yang diajukan penulis dalam penelitian ini diterima dan terbukti. Kata date: 2021-08-16 date_type: published pages: 140 institution: SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PASCASARJANA thesis_type: masters thesis_name: other citation: Annas, NIM.: 17200010089 (2021) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING TERHADAP SELF EFFICACY SANTRI PAPP KHODIJAH. Masters thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47019/1/17200010089_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47019/2/17200010089_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf