TY - THES N1 - Pembimbing: 1. Drs. H. A. Janan Asyifuddin, MA. 2. Drs. Asrori Sa'ud ID - digilib4702 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4702/ A1 - ABDUL AZIZ MOBONGGI - NIM. 93422614, Y1 - 2010/07/22/ N2 - Pondok Pesantren al-Falah sangat menekankan metode muhadatsah dalam percakapan sehari-hari disamping metode-metode lainnya. Anak didik mulai dari tingkat dasar diharuskan bercakap dengan bahasa arab dan bahasa inggris. Dalam kaitannya dengan metode pengajaran muhadatsah tentu unsure-unsur yang harus diperhatikan tidak hanya factor guru saja melainkan factor lain yang berhubungan dengan adanya pendekatan, metode dan teknik yang digunakan. Pembahasan dalam penelitian ini berdasarkan pada pengalaman lapangan dan penelitian literature. Metode pengumpulan data melalui observasi, interview, angket dan dokumentasi. Oleh karena data dalam penelitian ini dimungkinkan bersifat kualitatif dan kuantitatif, maka terhadap data yang bersifat kualitatif digunakan metode induktif, dan deduktif. Ada proses peng-gradasian materi pengajaran muhadatsah di Pondok Pesantren al-Falah. Dalam mengajarkan materi muhadatsah, setelah disampaikan kepada siswa baik kelas I,II,III, materitelah direpetisi, yaitu adanya latihan dengan cara menulang pola kalimat yang sulit. Repetisi dan gradasi merupakan proses yang dilakukan oleh guru-guru bahasa arab, muhadatsah dan muthala'ah di Pondok Pesantren al-Falah Limboto Gorontalo. div PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - pengajaran KW - muhadatsah KW - Pondok Pesantren M1 - skripsi TI - STUDI TENTANG PENGAJARAN MUHADATSAH DI PONDOK PESANTREN AL-FALAH LIMBOTO GORONTALO (PERSPEKTIF METODOLOGIS) AV - restricted ER -