TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. H.R. Abdullah Fadjar, M.Sc. ID - digilib4705 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4705/ A1 - ASEP SAEPUL MIKDAR - 94412852, Y1 - 2010/07/22/ N2 - Pendidikan agama Islam dalam pandangan sebenarnya adalah system pendidikan yang memungkinkan seseorang dapat mengarahkan kehidupannya sesuai dengan cita-cita Islam, sehingga dengan mudah dapat membentuk hidupnya sesuai dengan ajaran Islam. Dalam pengembangannya kebebasan kreatif yang merupakan wujud konkrit guna pembersihan pendidikan Islam dari ideology ilmiah yang mengakibatkan pada kepalsuan semantic epistimologis pendidikan Islam sehingga tersusun sautu kerangka metodologis dalam menyusun formulasi nilai-nilai ajaran Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dan memakai sumber data primer dan sekunder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dan analisis yang akan dilakukan adalah analisis isi atau content analysis, dan dalam analisis ini menggunakan metode berfikir induktif, deduktif dan komparatif. Konsep system pendidikan Agama Islam yang dicita-citakan pada masa mendatang adalah system pendidikan Agama Islam yang mampu menjawab proses transformasi social budaya dalam berbagai bentuknya. Transformasi social budaya adalah proses terjadinya perubahan-perubahan social budaya yang dapat mempengaruhi struktur social dan budaya masyarakat, baik dalam aspek social, budaya, perilaku, nilai-nilai, dan lainnya. Format pendidikan Agama Islam ditengah transformasi social budaya diarahkan pada rekonstruksi kelembagaan dan konsep dasar Pendidikan Agama Islam yang diarahkan pada konsep pemanusiaan manusia, dengan menempatkan manusia pada tempat yang mulia sebagai makhluk Tuhan yang berperadaban dan bermoral. div PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - pendidikan Agama Islam KW - transformasi social budaya M1 - skripsi TI - FORMAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DITENGAH TRANSFORMASI SOSIAL BUDAYA AV - restricted ER -