@phdthesis{digilib47072, month = {June}, title = {UPAYA GURU QUR'AN HADITS DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI EKSTRINSIK MENGHAFAL JUZ ?AMMA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SUNAN AMPEL BONO BOYOLANGU TULUNGAGUNG}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 14480164 Ummu Sa?adah}, year = {2021}, note = {Pembimbing: Rohinah, S.Pd.I., M.A.}, keywords = {Guru; Motivasi Ekstrinsik, Motivasi Belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47072/}, abstract = {Dalam pendidikan selain mempelajari ilmu pengetahuan umum juga ilmu agama terutama pada peserta didik yang masih berada pada tingkat dasar. Adanya motivasi belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar akan menciptakan suasana yang kondusif dan interaktif. Al-Qur?an merupakan kalam Allah. Untuk menanamkan kecintaan Al-Qur?an, guru harus mempunyai strategi dan metode yang tepat agar peserta didik menjadi gemar membaca dan menghafal Al-Qur?an dengan baik dan benar.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya serta faktor pendukung dan penghambat guru dalam menumbuhkan motivasi ekstrinsik menghafal juz ?amma peserta didik kelas IV di MI Sunan Ampel Bono Boyolangu Tulungagung. Jenis penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik, guru kelas, guru Qur?an-Hadits, dan kepala madrasah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan cara menggabungkan berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang ada. Peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: (1) bahwa upaya yang dilakukan guru Qur?an Hadits dalam menumbuhkan motivasi ekstrinsik pada peserta didik kelas IV MI Sunan Ampel Bono Boyolangu Tulungagung adalah dengan memberikan ganjaran mencakup pujian, penghormatan, hadiah dan penghargaan; hukuman yang mendidik dan tidak ada unsur dendam; serta berupa kompetisi/persaingan baik dalam bentuk nilai atau perlombaan; (2) faktor pendukung guru Qur?an Hadits dalam menumbuhkan motivasi ekstrinsik pada peserta didik kelas IV MI Sunan Ampel Bono Boyolangu Tulungagung diantaranya adalah suasana kelas yang kondusif, hubungan yang baik antara guru dan peserta didik, adanya kesadaran peserta didik serta motivasi dari orang tua sehingga terwujud kerja sama yang baik antara guru dan orang tua dalam memotivasi peserta didik dalam menghafal juz ?amma. Sementara faktor penghambat guru Qur?an Hadits dalam menumbuhkan motivasi ekstrinsik pada peserta didik kelas IV MI Sunan Ampel Bono Boyolangu Tulungagung adalah lingkungan kelas kurang kondusif serta faktor perhatian orang tua (keluarga) dalam memotivasi putra-putrinya yang masih kurang.} }