@phdthesis{digilib47093, month = {July}, title = {PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MIND MAP SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS X SMA KOLOMBO SLEMAN YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 14680004 Ulin Nuha}, year = {2021}, note = {Pembimbing: Runtut Prih Utami, S.Pd., M.Pd}, keywords = {E-modul; Mind Map; Sumber Belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47093/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis mind map sebagai sumber belajar siswa kelas X SMA Kolombo Sleman Yogyakarta dan mengetahui kualitas e-modul. Penelitian ini termasuk Penelitian pengembangan Research and Development (R \& D) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yang terbatas pada tahap Analysis, Design, Development, dan Evaluation. Kualitas dari produk e-modul ini dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 5 peer reviewer, 1 guru biologi dan 15 respon siswa kelas X SMA Kolombo Sleman Yogyakarta. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa e-modul berbasis mind map pada materi ekosistem yang dikembangkan secara keseluruhan memiliki kualitas sangat baik dengan masing-masing persentase sebesar 92,85\% (ahli materi), 95\% (ahli media), 95,42\% (peer reviewer), 84,28\% (guru biologi) dan respon siswa sebesar 90,24\%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis mind map yang dikembangkan berkualitas sangat baik layak digunakan sebagai sumber belajar biologi siswa kelas X SMA Kolombo Sleman Yogyakarta.} }