TY - THES N1 - Pembimbing : Maryono, S.Ag., M.Pd. ID - digilib47096 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47096/ A1 - Rahmat Kurnia Najich, NIM.: 16240075 Y1 - 2021/08/24/ N2 - Haji merupakan salah satu kewajiban yang dilajankan oleh semua muslim bagi yang telah memenuhi syarat untuk menjalankannya. Pelaksanaan Ibadah haji yang memerlukan persiapan yang matang dibutuhkan KBIH untuk membimbing para calon jamaah haji agar dapat menjalankan ibadah dengan baik. Maka dari itu diperlukan strategi pemasaran yang baik bagi KBIH agar dapat menawarkan dan mempromosikan jasanya pada calon jamaah haji. Dalam penelitian ini penulis melihat bagaimana KBIH Al Barokah mempromosikan jasanya kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan subjek penelitian yaitu KBIH Al Barokah yang didalami kepada para pegawai KBIH Al Barokah dan alumninya. Objek Penelitian ini melihat stategi pemasaran yang telah diterapkan oleh KBIH Al Barokah. Penulis mengumpulkan data dari para narasumber terkait dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah itu penulis menguraikan data yang telah didapatkan, menganalisis dan menarik kesimpulan. Dari hasil analisis penulis, dapat dilihat bahwa strategi pemasaran KBIH Al Barokah telah menerapkan teori 4 p (product, price, promotion, place). Dari segi product KBIH Al Barokah mempunyai jasa manasik, membantu mengurus administrasi haji. Dari segi price atau harga, harga yang ditentukan oleh KBIH juga telah berdasarkan aturan yang ada serta disesuaikan dengan kebutuhan jamaah, sehingga jamaah tidak terbebani dengan harga yang ada. Promosi yang dilakukan oleh KBIH Al Barokah yang telah dilakukan meliputi pengiklanan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung melalui digital marketing dan telemarketing dan word of mouth atau informasi dari mulut ke mulut. Terakhir place, tempat dimana tempat yang dipilih oleh KBIH strategis untuk dikunjungi masyarakat. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Strategi Pemasaran KW - Kelompok Bimbingan Ibadah Haji KW - Marketing Mix M1 - skripsi TI - STRATEGI PEMASARAN KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) AL BAROKAH YOGYAKARTA AV - restricted EP - 108 ER -